Metode Tester Produk, Penarik Konsumen

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Tester (Freepik/pch.vector)

LINK UMKM -  Mungkin anda sering menemukan orang-orang membagikan sampel makanan atau minuman baru kepada anda secara gratis. Tester adalah suatu contoh atau sampel yang dibagikan untuk dicoba. Hal ini dilakukan untuk mengetahui reaksi konsumen terhadap produk. Dilansir Kumparan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan membagi-bagikan produk secara gratis, diantaranya sebagai berikut:

     1. Meningkatkan awareness

 Banyak yang belum kenal, melihat bahkan menggunakan produk kita. Dengan membagikan suatu tester gratis, mereka dapat menggunakan dan merasakan secara langsung. Selanjutnya akan memungkinkan konsumen akan mengenal lebih dalam tentang produk kita.

     2. Menciptakan perasaan timbal balik

Biasanya akan menimbul timbal balik ketika memberi tester. Apabila konsumen tidak cocok namun tertarik, kelak konsumen tersebut akan merekomendasikan produk ke orang lain.

     3. Mendapatkan feedback dan review

Produk tester akan mendapatkan timbal balik mengenai masukan bahkan testimonial dari penggunaan produk kita. Terlebih lagi mereka akan dengan sukarela memberikan dan menuliskan review, dampaknya produk kita secara tidak langsung membantu mempromosikan kepada pembaca atau viewers lain.

     4. Mengetahui produk yang potensial

Kita dapat mengambil kesimpulan dan memprediksi produk yang akan laris di pasaran nantinya. Bisa pula mengoptimalkan produk-produk tertentu berdasarkan sampel tester produk yang paling diminati.

     5. Menjalin pertemanan

Sampel produk juga bisa kita berikan sebagai hadiah kepada siapapun yang baru kita kenal. Selain agar kenalan baru ini tertarik terhadap bisnis kita, memberi hadiah ini juga akan membantu mendekatkan hubungan pertemanan.

     6. Mendapatkan endorsement produk

jika beruntung, ketika memberikan tester produk kepada penulis blog maupun selebgram, mereka mungkin tak segan untuk menulis review setelah menggunakan  tester tersebut dan dilengkapi juga dengan postingan foto dan produk.

     7. Meningkatkan penjualan

Ketika sebagai penjual produk, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli ketika sudah pernah mencoba atau menggunakan sebelumnya. Apalagi jika kita dapat memberinya produk terbaik yang utuh, secara tidak langsung mereka akan meresponnya dengan positif. Mereka akan terpicu rasa senang sehingga tidak segan untuk menyebar promosi kepada teman-temannya.

***

GN/PTH

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.3408 seconds