Kerajinan Ukiran Kayu Go Internasional

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Ukiran Kayu (indonesiakaya.com)

LINK UMKM -  Menambah nilai estetika sebuah ruangan adalah sebuah kewajiban pada saat ini. Salah satu yang dapat menambah estetika adalah ukiran kayu. Ukiran kayu dikenal dapat memperindah dan mempercantik sebuah ruangan dengan suatu kekhasan ukiran.

 

Melansir dari mikirbae.com Kerajinan ukiran adalah seni yang membentuk gambar hias pada kayu, batu, atau bahan-bahan lain. Seni ukir di Indonesia banyak memanfaatkan bahan alam seperti kayu. Kayu dipilih karena daya tahan serta keindahan dari serat kayu.

 

Salah satu daerah penghasil kerajinan ukiran kayu yang populer adalah Gianyar. Gianyar dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan dengan nilai seni tinggi salah satunya yaitu kerajinan ukiran kayu. Ukiran yang khas, detail ukiran yang rapi, dan jenis bahan baku berkualitas.

 

Pembuatan kerajinan ukiran kayu asal Gianyar ini membutuhkan kisaran 1-4 bulan, dengan beberapara tahapan. Kisaran waktu itu tergantung pada ukuran serta detail  patung. Selain itu, setiap pengerajin memiliki kekhasan tersendiri terhadap kerajinan ukiran kayunya.

 

Harga jual setiap kerajianan ukiran kayu ini beragam, tergantung siapa yang mengerjakan, detail ukiran dan bahan baku. Bahan baku yang paling umum digunakan pembuat kerajinan ukiran kayu di Gianyar adalah kayu saur (trambesi) yang berasal dari Jawa dan Kalimantan.

 

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), volume ekspor kerajinan ukiran kayu Tanah Air sebanyak 27,38 juta kilogram (kg) pada Januari hingga November 2021. Volume ekspor ini meningkat 5,67% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 25,91 juta kg. Badan Pusat Statistik (BPS) pun mencatat Amerika Serikat menjadi tujuan ekspor kerajinan kayu terbesar Indonesia.

 

Dengan potensi yang amat besar dimiliki oleh kerajinan ukiran kayu, pembuat kerajinan ukiran kayu di Gianyar maupun daerah yang lain dapat bersaing dan melakukan kegiatan ekspor yang lebih menguntungkan ke depannya. Lewat kegiatan ekspor yang dilakukan pangsa pasar yang dijangkau pun menjadi lebih luas menjadikan dunia internasional mengetahui dan mengenal kerajinan ukiran kayu Indonesia.

***

GN/PTH

Komentar (1)

  • Bagus Setioaji

    9 November 2022 | 09:45:39 WIB

    sungguh hebat karya anak bangsa

    1 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1261 seconds