Rosemary, Tumbuhan Yang Kaya Manfaat

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Tumbuhan Rosemary (Freepik/Jcomp)

LINK UMKM -  Selain memiliki aroma yang khas, ada beragam manfaat rosemary yang bisa diperoleh. Salah satu tanaman herbal ini mengandung banyak nutrisi dan zat alami yang baik untuk kesehatan tubuh.

Rosemary merupakan tanaman asal mediterania yang sering dijadikan bumbu makanan. Tanaman ini memiliki aroma yang khas dan juga manfaat untuk tubuh. Selain menjadi bahan baku utama masakan Timur Tengah dan Eropa, herba ini juga merupakan sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B6 yang baik.

Tanaman ini biasanya digunakan dalam keadaaan kering utuh atau ekstrak bubuk kering untuk bahan masakan. Sementara untuk pembuatan teh, harus menggunakan tanaman yang masih segar. Herbal yang satu ini telah dipuji sejak zaman kuno karena khasiat obatnya.

Rosemary secara tradisional digunakan untuk membantu meringankan nyeri otot, meningkatkan memori, meningkatkan sistem kekebalan dan peredaran darah, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Melansir dari halodoc, daun rosemary kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya seperti serat, protein, mineral (termasuk zat besi, kalsium, magnesium, dan zinc) serta vitamin A,B, dan C. Selain itu, rosemary kaya akan zat fitokimia seperti asam pantotenat, senyawa antioksidan, antiinflamasi, asam karnosat, niasin, tiamin, folat, hingga riboflavin.

Senyawa fitokimia sendiri berperan penting dalam melawan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka, menggunakan daun rosemary sebagai bumbu masak tentu dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Memelihara Kesehatan Otak

Dilansir dari Medical News Today, Para ilmuwan telah menemukan bahwa rosemary juga baik untuk memelihara kesehatan otak. Sebab, daun rosemary mengandung senyawa yang disebut carnosic acid atau asam karbonat. Senyawa tersebut berfungsi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas pada otak.

  • Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Therapeutic Advances in Psychopharmacology aroma dari daun rosemary dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

  • Membantu Menurunkan Risiko Kanker Tertentu

Studi yang dipublikasikan pada National Library of Medicine juga menyimpulkan bahwa ekstrak daun rosemary berguna sebagai agen antitumor dan anti inflamasi. Daun rosemary yang ditambahkan pada daging giling juga dapat mengurangi pembentukan agen penyebab kanker, yang dapat berkembang selama proses memasak.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun rosemary adalah sumber yang kaya akan antioksidan dan senyawa antiinflamasi, kedua senyawa tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Sebab antioksidan dapat memerangi dan menetralkan partikel berbahaya pada tubuh yaitu radikal bebas.

  • Meningkatkan Kesehatan Mata

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science mengungkapkan bahwa senyawa asam karbonat pada daun rosemary, secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan mata. Tak hanya itu rosemary juga dapat dipergunakan untuk penyakit yang mempengaruhi retina luar.

***

GN/FF

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1294 seconds