UMKM Bangkit dengan Digitalisasi, Begini Cara Manfaatkan Marketplace!

Rabu, 26 Oktober 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi (freepik/pikisuperstar)

LINK UMKM -  Untuk meningkatkan penjualan UMKM ada berbagai macam strategi dengan memanfaatkan marketplace sebagai media promosi seperti memasang iklan berbayar untuk meningkatkan penjualannya. Penggunaan platform marketplace saat ini sedang banyak diminati karena memiliki banyak keuntungan dan juga dapat meningkatkan peluang usaha.

Didalam marketplace terdapat berbagai program untuk dapat mempermudah seller untuk memanfaatkan program tersebut. UMKM harus go digital karena potensi pasar digital Indonesia sangat besar. Selain itu, dengan masuk ke ekosistem digital dapat menjangkau pasar yang sangat luas di seluruh Indonesia.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis UMKM yang kita jalankan merambah dunia digital. Kita bisa memilih untuk berjualan di media sosial, membuka webstore sendiri, dan juga memanfaatkan marketplace. Apapun bisnis dan produk kita, tetap memerlukan strategi ketika akan jualan di market place.

Sebelum memulai, kita perhatikan dulu beberapa tips jualan di marketplace untuk bisnis UMKM yang kita jalankan, sebagai berikut:

  1. Siapkan Nama Toko

Nama toko adalah aspek penting yang akan berpengaruh besar bagaimana konsumen akan mengenal bisnis UMKM yang kita jalankan. Nantinya nama toko juga akan menjadi bagian dari branding bisnis. Maka dari itu kita tidak bisa memberikan nama toko atau brand bisnis asal-asalan. Tentukanlah nama toko yang mudah diingat dan mewakili identitas bisnis UMKM kita.

  1. Buat Toko dan Lengkapi Profil

Buatlah toko di salah satu platform marketplace atau website e-commerce untuk mulai membuka bisnis UMKM online kita. Caranya cukup mudah, kita tinggal menyiapkan akun email atau nomor handphone yang masih aktif dalam melakukan pendaftaran dan membuka toko online untuk jualan di marketplace. Setelah itu, lengkapi profil mulai dari nama toko, tampilan gambar, deskripsi toko, jam operasional toko, dan hal lain soal profil toko.

  1. Riset Kata Kunci

Kata kunci sangat penting untuk diperhatikan dalam berjualan di marketplace, agar toko online kita bisa cepat mendatangkan pembeli dengan melakukan riset kata kunci untuk memberi nama produk dan juga pastikan juga foto produk yang kita pakai menarik dan merupakan asli produk buatan kita, bukan memakai foto produk dari internet.

***

GN/LMP

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1257 seconds