Pentingnya Transformasi Digital pada UMKM untuk Bisa Bertahan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Transformasi Digital pada UMKM (Freepik/Ourteam)

LINK UMKM -  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha bisnis yang dijalankan secara individu, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil yang dilakukan dengan batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan atau asset dan jumlah karyawan. UMKM perlu mempunyai strategi khusus untuk dapat bertahan di setiap kondisi yang tidak dapat diprediksi seperti adaya pandemic covid-19 yang sangat berdampak pada UMKM. Bagi UMKM, untuk bisa bangkit dan berkembang di tengah pandemic Covid-19 menjadi sebuah keharusan. Menurut survei Bank Indonesia, 87,5 persen dari total UMKM di Indonesia terdampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan dampak negative pada sisi penjualannya. Seiring berjalan waktu saat pemulihan pandemic covid 19, sistem transaksi pun ikut berubah mengikuti kondisi yang ada. Perubahan ini mengharuskan pelaku usaha untuk ikut beradaptasi dan memulai beralih ke platform digital dalam memasarkan produk atau jasanya serta perubahan gaya hidup masyarakat akibat diterapkannya PSBB yang menjadikan belanja secara online sebagai peluang untuk bertahan di tengan pandemic Covid-19.

Transformasi digital berperan sangat penting dalam persaingan bisnis di masa sekarang dan masa depan serta dapat mempermudah para pelaku UMKM dalam menjangkau konsumen di seluruh Indonesia bahkan penjuru dunia. Oleh karena itu, para pelaku UMKM harus ikut serta dalam kemajuan teknologi, supaya tidak ketinggalan jaman. Oleh sebab itu, transformasi digital penting bagi UMKM. Melansir kompas.com Untuk bisa bertahan pada transformasi digital pada UMKM yaitu :

  1. Memilih Platform Media Yang Sesuai Dengan Usaha Bisnis

Dalam berbisnis Langkah pertama yang perlu disiapkan yaitu dengan memilih platform yang sesuai karena berkaitan dengan strategi yang akan di gunakan dalam usaha bisnis.

  1. Membuat Promosi atau Penawaran Menarik

Promosi atau penawaran yang menarik seperti momentum Tahun Baru, Hari Raya Keagamaan, Harbolnas dan lain sebagainya merupakan waktu yang tepat untuk melakukan promosi melalui platform atau marketplace sesuai dengan usaha bisnis.

  1. Membuat Konten Kreatif untuk Mencapai Target Pasar

Dalam memulai berbisnis juga diperlukan untuk membuat konten kreatif untuk menarik konsumen dengan ciri khas yang membedakan dengan produk lainnnya.

  1. Mengikuti Program Mengenai Digitalisasi Mengenai UMKM

Dengan mengikuti program tersebut bertujuan untuk mengedukasi pelaku UMKM mengenai kecakapan digital untuk mengembangkan usaha bisnisnya di pasar digital dan juga dengan mengikuti program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya teknologi dan media sosial bagi kegiatan bisnis serta mengajak pelaku.

***

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.126 seconds