Self Efficacy Sebagai Kunci Keberhasilan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Self Efficacy (Freepik/Katemangostar)

LINK UMKM -  Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha anda harus wajib memiliki sifat ini. Self efficacy atau efikasi diri merupakan sebuah keyakinan diri atau kepercayaan individu terhadap kemampuan mereka dalam melakukan suatu hal, menghasilkan sesuatu, mengorganisasi, mencapai tujuan mereka dan juga mengimplementasikan tindakan guna mewujudkan keahlian tertentu. Melansir kumparan.com Bandura mengemukakan bahwa self-efficacy adalah keyakinan diri seseorang untuk menguasai situasi, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Self efficacy yang dimiliki seseorang biasanya akan berpengaruh pada individu tersebut dalam menentukan sebuah tindakan atau keputusan. Dimana tindakan tersebut dilakukan untuk mencapai suatu tujuan atau beberapa hal atau kemungkinan-kemungkinan yang akan hadir di masa depan.

Mengutip dari kumparan.com efikasi diri dipengaruhi dan dibentuk dari 4 faktor:

  1. Pengalaman keberhasilan (mastery experiences)

Pengalaman akan memberikan pelajaran berharga bagi setiap orang. Pengalaman sesoraang yang bisa membentuk kepercayaan pada diri. Meski terkadang gagal namun penumbuhan sikap percaya diri pada diri musti tetap diupayakan, karena kesempatan perlu untuk diciptakan.

  1. Pengalaman orang lain (vicarious experiences/social modelling)

Pengalamn keberhasilan orang lain dapat meningkatkan keyakinan bahwa kita pun memiliki kemampuan serupa untuk mencapai sukses di bidang itu.

  1. Persuasi sosial atau verbal (social persuasion/verbal persuasion)

Seseorang yang diyakinkan secara lisan bahwa mereka mampu melakukan tugas tertentu cenderung termotivasi untuk berusaha, termasuk ketika masalah muncul. Persuasi sosial ini juga mendorong kita untuk terus mengembangkan ketrampilan guna mencapai keinginan anda.

  1. Keadaan emosional dan fisiologis

Sebagai contoh, pada penderita depresi, umumnya menjadi kurang yakin akan kemampuan mencapai kesuksesan. Sebaliknya, emosi yang positif dan badan yang sehat dapat meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuan sendiri.

Pentingnya self efficacy dapat menentukan langkah yang akan diambil oleh seseorang karena self efficacy dapat menjadi faktor penting dalam penentuan mengenai minat berwirausaha seseorang telah terbentuk pada tahapan awal seseorang memulai karirnya.

Dalam beriwrausaha tentunya akan banyakk tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan, dimana self efficacy berperan dalam hal memberikan keyakinan pada kemampuan individu untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.

***

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.15 seconds