Tidak Hanya Lezat, Ternyata Makanan Pedas Ada Manfaatnya

Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Ilustrasi Makanan Pedas (Freepik/jcomp)

LINK UMKM -  Makanan pedas bukan hal yang asing bagi sebagian orang, bahkan banyak yang beranggapan tak lengkap rasanya bila tanpa cita rasa yang pedas. Saat ini banyak UMKM yang memulai usaha bisnisnya dengan menawarkan produk – produk dengan cita rasa pedas yang mengkreasikannya dengan memberikan beberapa tingkat level pedasnya. Meski biasanya, setelah mengkonsumsi makanan pedas akan sakit perut namun hal tersebut tidak mengurangi minat sebagian orang untuk mencoba makanan pedas.

Sebagian orang menilai makanan pedas dapat memperbaiki mood, sensasi dari makanan pedas juga dapat dapat meringankan beban penat atau stress bahkan dapat meningkatkan hormon yang membuat perasaan senang. Hal ini bisa dirasakan setelah makan pedas kita merasa lebih bersemangat dan berenergi.  Tak hanya itu loh, ternyata makanan pedas juga memiliki beberapa manfaat seperti :

  1. Membakar kalori dalam tubuh

Menurut sebuah penelitian, makan makanan pedas dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 8%. Tubuh kita akan mengalami metabolisme yang lebih cepat saat kita makan makanan pedas. Menurut penelitian yang berbeda, seseorang yang makan masakan pedas bisa menurunkan berat badan beberapa hingga beberapa kilo. Hal ini seperti yang dilansir dari Lifehack.

  1. Dapat mencegah penyakit kanker

Menurut American Association for Cancer Research, capcaisin dapat membunuh sel kanker dan leukimia. Gregory A. Plotnikoff, MD, konsultan senior untuk inovasi perawatan kesehatan di Alline Hospitals and Clinics di Minnesota, Amerika Serikat, mengklaim bahwa hal itu memiliki dampak yang serupa pada tubuh dengan beberapa obat kanker. Hal ini seperti yang dilansir dari Self.

  1. Menurunkan berat badan

Zat capsaicin, yang biasanya ditemukan di banyak makanan panas, diketahui dapat mempercepat proses metabolisme tubuh. Menurut beberapa penelitian, zat ini bahkan dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk membakar lemak untuk energi. Selain itu, senyawa capsaicin dalam makanan pedas memiliki kemampuan untuk menekan nafsu makan dan memperpanjang durasi rasa kenyang.

Selain lezat dan diminati oleh banyak kalangan ternyata makanan pedas juga mengandung beberapa manfaat yang baik untuk tubuh, walaupun memiliki manfaat yang baik tetapi kita juga harus bisa membatasi diri agar tidak sakit perut setelah memakannya. Ingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik yaa 

***

Ikuti : Kompetisi UMKM Kekinian dan raih hadiah ratusan juta rupiah!

Komentar (2)

  • Moryta robasa Sinaga

    20 Sepember 2022 | 14:53:56 WIB

    Sukses selalu

    1 minggu lalu

  • DWI HADI SUSILO

    15 Sepember 2022 | 18:48:30 WIB

    Makanan pedas bisa menambah nafsu makan

    2 minggu lalu