Berbahankan Bawang Merah Putih, Ini Dia Kuliner Mie Khas Belitung

Rabu, 6 Juli 2022 | 10:30 WIB

Daun simpor untuk menjadi alas mie Belitung juga untuk memberikan aroma yang khas.

LINK UMKM - Tidak hanya terkenal akan keindahan pantainya, pulau Belitung juga memiliki kelezatan khas kulinernya.

Berupa Mie, kelezatan Mie khas Belitung yang populer di kota Tanjungpandan tersebut mebuat pelanggan harus selalu mengantre ketika ingin membelinya.

Ditelisik dari seuah kedai yang telah buka sejak 1973, kedai tersebut menyediakan Mie Belitung dan nasi tim.

Disajikan tidak terlalu panas guna bisa langsung disantap, sepiring mie khas Belitung kedai tersebut ditambahin irisan timun dan beberapa ekor udang yang ditumis bersama.

Menariknya lagi, mie Belitung disajikan diatas piring yang beralaskan daun simpor. daun yang biasanya digunakan masyarakat setempat untuk membungkus makanan.

Tak hanya itu, dibuatnya daun simpor yang menjadi alas mie Belitung juga untuk memberikan aroma yang khas dan menjaga kehangatan kuliner tersebut terjaga.

Berbahankan bawang merah, bawang putih dan lengkuas, rasa gurih mie beradu manis dengan kaldu udang dan gula aren yang menjadikan warna cokelat kuahnya.

Kuah mie Belitung ini juga tidak seperti kuah pada umunya, sebab, kuliner yang bisa menjadi bisnis menjanjikan ini jika dibuka diluar pulau Belitung, memiliki kuah yang kental karena menggunakan tepung terigu.

Di pulau Belitung, mie Belitung tersebut, dijulukin mie artis lantaran yang banyak disantap persohor negeri, mulai dari seniman, publik figur bahkan politisi.

Pakar kuliner Bondan Winarno semasa hidup yang pernah mencicpinya menyipulkan, kelezatan mie Belitung membuat nya selalu mecicipi ketika berkujung sebanyak empat kali ke pulau Belitung.

Selain di kota Tanjungpandan pulau Belitung, mie Belitung juga sudah hadir di Jakarta. ***

Komentar (1)

  • DRA RR ENDANG DEWI PUDJOWATI

    6 Juli 2022 | 14:50:18 WIB

    Kuliner khas daerah yang unik.semoga pemda bisa membantu untuk terus exist dan semakin berkibar

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1608 seconds