3 Manfaat Miliki Tabungan Bisnis

Selasa, 31 Mei 2022 | 15:35 WIB

Mengelola keuangan perusahaan atau bisnis sebaiknya dipisahkan dengan keuangan pribadi,-(Ils)

LINK UMKM -  Mengelola keuangan perusahaan atau bisnis sebaiknya dipisahkan dengan keuangan pribadi. Tujuannya agar menghindari penggunaan dana bisnis untuk kepentingan pribadi dan mengurangi risiko penyalahgunaan, serta kerugian dalam bisnis.

 Oleh karena itu, kamu harus memiliki rekening khusus sebagai tabungan bisnis. Ini adalah cara profesional menata keuangan bisnis. Hal ini berlaku bagi semua skala bisnis, baik dari mikro, kecil, menengah, dan besar. 

Melansir Kumparan, berikut manfaat tabungan bisnis:

  • Keuangan lebih terkontrol

Tabungan bisnis dapat menjadi wadah untuk merekam jejak keuangan bisnis kamu dari awal berdiri. Di samping itu, kamu juga bisa melihat rincian pendapatan dan pengeluaran bisnis.

Kamu pun dapat menilai bagaimana kesehatan keuangan bisnis. Apakah keuangan stabil, mulai terguncang, atau justru sedang sakit karena selalu besar pasak daripada tiang. Dengan begitu, kamu bisa melakukan perbaikan cepat, misalnya memangkas beberapa pengeluaran yang sifatnya masih bisa ditunda, melakukan penghematan, atau membeli yang betul-betul prioritas utama.

  • Jaga-jaga di masa sulit

Dalam bisnis, pasti ada pasang surutnya. Tidak mungkin penjualan selalu ramai, omzet dan laba terus naik. Ada kalanya sepi, omzet dan laba susut, seperti di masa pandemi seperti sekarang ini. Banyak perusahaan susah payah mempertahankan bisnis. Tabungan bisnis bisa menyelamatkan perusahaan dari kondisi sulit tersebut.

Idealnya, persiapan dana darurat perusahaan sekitar tiga kali pengeluaran bulanan bisnis kamu. Dana darurat pada tabungan bisnis dapat digunakan untuk menghadapi risiko buruk yang bisa terjadi kapan saja.

  • Dapat dialokasikan untuk aset lain

Tabungan bisnis akan memudahkan kamu mempunyai aset lain yang masih ada kaitannya dengan kegiatan bisnis. Misalnya, membeli gedung atau ruko, kendaraan, maupun mesin produksi.

Aset inilah yang nantinya dapat menjamin keberlangsungan bisnis. Aset dapat dijual untuk memperoleh modal tambahan tanpa harus meminjam kepada siapapun. ***

(AP)

 

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1432 seconds