4 Contoh Resiko Dalam Bisnis, Kamu Harus Tahu!

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:00 WIB

4 Contoh Resiko Dalam Bisnis, Kamu Harus Tahu!

LINK UMKM -  Resiko kerap kali dikaitkan sebagai dampak dari ketidakpastian dalam dunia bisnis. Sehingga muncul pemikiran untuk para pelaku bisnis jika resiko merupakan hal yang selalu merugikan.

Namun sebenarnya, hal tersebut sebaliknya, jika konsekuensi ini dianggap menguntungkan, maka hal tersebut tidak dianggap sebagai risiko, namun dianggap sebagai keuntungan.

Umumnya, ketika seorang pebisnis melakukan kegiatan yang berisiko dengan motivasi keuntungan, biasanya akan mampu mengkalkulasi besarnya risiko yang dihadapi. Berdasarkan hal itu, pelaku bisnis bisa menetapkan target keuntungan yang diinginkan.

Resiko usaha bisa disebabkan oleh 3 faktor, yaitu adanya ketidakpastian secara ekonomi (economic uncertainty caused), ketidakpastian disebabkan oleh alam (nature uncertainty caused), dan ketidakpastian yang disebabkan oleh perilaku manusia (human uncertainty caused).

Berikut ini, jenis-jenis resiko usaha berdasarkan kerugian yang diperoleh, kontrol usaha, dan target komponen usaha.

1. Risiko Pasar (Market Risk)
Teknologi yang terus berkembang membuat perubahan yang begitu cepat, terutama dalam bisnis. Resiko bisnis yang pertama adalah risiko pasar yang diakibatkan karena perubahan dalam pasar secara makro, di mana banyak pebisnis yang tidak mampu membendungnya.

Misalnya, ketika kamu menjalankan bisnis kopi kekinian dan kamu baru membuat menu baru ‘Kopi Gula Aren’ yang saat itu sedang tren dan diminati banyak konsumen.

Namun, tiba-tiba, keluarlah menu baru yang menjadi kegemaran konsumen, misalnya ‘Kopi Regal’.

Padahal, saat itu kamu sudah membeli bahan untuk membuat Kopi Gula Aren yang cukup banyak. Inilah hal yang merugikan, di mana kamu memiliki stok bahan yang tinggi namun tidak lagi dibutuhkan.

2. Berdasarkan Kontrol Usaha
Jika ditinjau dari kontrol usaha, maka ada jenis-jenis resiko usaha, yaitu risiko yang bisa dikendalikan dan risiko yang tidak bisa dikendalikan.

Contoh resiko usaha yang bisa dikendalikan adalah pasokan produk di pasaran yang siap dilaksanakan, kemudian selama berbulan-bulan produk tersebut belum maksimal dalam penjualan.

Meskipun bisnismu mengalami kerugian, namun risiko tersebut bisa dikendalikan dengan cara mengevaluasi produk serta strategi marketingnya.

3. Risiko Operasional
Resiko ini biasanya akan lebih mengarah pada suatu kegagalan dalam mengelola perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan operasional sehari-hari.

Hal ini mungkin saja terjadi karena beberapa kegagalan teknis, seperti server error, human error, maupun proses pada kegiatan operasional perusahaan yang tidak efisien. Dalam beberapa kasus, risiko operasional biasanya memiliki lebih dari satu penyebab.

Misalnya, usaha kamu melakukan rekrutmen untuk bidang business development sebanyak 5 orang, padahal setelah dijalani, diketahui bahwa sebenarnya kebutuhan merekrut 5 orang ini karena adanya pekerjaan yang tidak efisien sehingga hanya dengan 3 orang saja sudah cukup.

4. Resiko Finansial
Resiko ini biasanya akan berdampak kepada finansial perusahaan dan mengacu secara khusus terhadap arus kas masuk dan keluar yang memungkinkan terjadi kerugian finansial perusahaan.

Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis yang sebagian besar pemasukan berasal dari sejumlah klien besar yang melakukan proses pembayaran produk dengan beberapa tahapan.

Kemudian ketika tahap pelunasan, klien tidak melakukan pembayaran sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Hal ini tentunya dapat merusak arus kas dan menimbulkan ketidakpastian kapan klien akan membayar pelunasannya.

Komentar (2)

  • Yoyok herianto

    23 Desember 2021 | 14:46:59 WIB

    Semangat

    2 tahun lalu

  • Suyatno

    21 Desember 2021 | 17:24:58 WIB

    Mantap

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1412 seconds