Mendengar Nasihat Berbisnis Dari Jeff Bezos

Selasa, 30 November 2021 | 16:00 WIB

Ia memiliki pesan bagi pengusaha pemula. Pesannya adalah bersiap untuk mengambil resiko besar dan gagal saat memulai bisnis

LINK UMKM - Benar adanya jika Sebuah pengalaman yang dimiliki adalah guru terbaik. Tak salah ketika kita mendengarkan nasihat bagi mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman seperti miliarder terkaya di dunia yakni Jeff Bezos.

Ia pun memiliki pesan bagi pengusaha pemula. Pesannya adalah bersiap untuk mengambil resiko besar dan gagal saat memulai bisnis.

"Ambil resiko. Anda harus mau mengambil resiko. Jika memiliki ide bisnis tanpa resiko, itu mungkin sudah dilakukan, Kamu harus memiliki sesuatu yang mungkin tidak berhasil. Dalam banyak hal, ini akan menjadi eksperimen," ujar Bezos.

Ketika memulai menapaki bisnis akan banyak uji coba di awal bisnis yang gagal. Namun kegagalan besar dikatakan adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan.

"Kami mengambil resiko setiap saat, kami berbicara tentang kegagalan, Kita perlu kegagalan besar untuk menggerakkan jarum. Jika tidak, kita tidak cukup berayun. Kamu benar-benar harus berayun keras, dan kamu akan gagal, tapi tidak apa-apa," ujarnya.

Ia pun mengenang kisahnya saat mendirikan Amazon pada tahun 1995. Saat itu ia hanya memiliki 10 karyawan. Namun lihatlah sekarang, kini ia mampu mengubahnya menjadi salah satu perusahaan publik paling berharga di dunia.

Bahkan Amazon memiliki nilai kapitalisasi pasar hampir USD 860 miliar atau Rp 11,7 kuadriliun (USD 1= Rp 13.608).

Pesan lain dari sosok idola banyak orang ini adalah selain berani mengambil resiko dan gagal, pengusaha juga harus bersemangat. Karena, dalam mendirikan bisnis tentunya akan mengalami persaingan.

"Kamu akan bersaing dengan mereka yang bersemangat," tambahnya.

Tak hanya itu, seorang pengusaha juga harus terobsesi dengan pelanggan. Yakni hal yang paling penting adalah memuaskan pelanggan dengan menyenangkannya.

RZ/MG

Komentar (1)

  • Halim Albar Prihatin

    1 Desember 2021 | 10:38:35 WIB

    benar sekali. Berani ambil resiko dan harus survive apapun tantangan dan masalahnya

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1211 seconds