Dibalik Kesuksesan Roti Unyil Khas Kota Bogor

Minggu, 31 Oktober 2021 | 00:00 WIB

Dibalik Kesuksesan Roti Unyil Khas Kota Bogor

LINK UMKM -  

Roti Unyil merupakan roti legendaris yang menjadi salah satu ikon oleh-oleh kota Bogor. Pemilik kakak beradik Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja mungkin tak pernah bermimpi, kalau bisnis roti yang dirintisnya sejak tahun 1992 jadi berkembang seperti sekarang.

Usaha roti dirintis berawal ketika meninggalnya kedua orang tua mereka. Maka Herlianty yang masih duduk dibangku SMA bersama keenam adik-adiknya harus bekerja keras untuk menyambung hidup ketujuh putra-putri Hawidjaja. Hendra sang adik yang hobi dan pernah mengikuti kursus membuat roti akhirnya mencoba menjual roti-roti buatannya.

Awalnya roti yang dibuat adalah roti berukuran standart dengan 10 macam rasa, lalu ia berinovasi dengan membuat roti dengan ukuran yang lebih mini agar anak-anak lebih mudah memakannya. Karena bentuknya yang mungil maka roti yang diberi nama merek Venus ini lebih dikenal dengan sebutan roti unyil. Sebutan ini sebenarnya diberikan oleh para pelanggan mengingat film boneka Si-Unyil sedang booming waktu itu.

Toko pertama yang mereka buka berada di Jalan Sukasari, Bogor kemudian pada tahun 2004 pindah lokasi ke Ruko V Point Jalan Padjajaran. Dan saat ini roti Unyil Venus sudah memiliki sekitar 20 karyawan dan diantara karyawannya bahkan ada yang sudah ikut bekerja sejak tahun 1992. Pilihan rasa dari roti Unyil semakin beragam ada 25 rasa mulai dari keju, jagung, abon hingga green tea. Harga satu buah roti unyil Rp. 1500,- tersedia dalam paket 10,20,30 dan 60 buah.

Meski roti yang dijual tak pernah sepi tiap harinya, Hendra tak ingin membuka cabangnya di kota lain. Karena roti unyil sudah sangat melekat dibenak masyarakat sebagai oleh-oleh khas kota Bogor. Disamping itu untuk mengontrol kualitas roti juga akan sedikit sulit, mengingat roti yang dijual tanpa menggunakan bahan pengawet bahkan hanya tahan selama 2 hari.

Walau tidak memiliki cabang tetapi roti Unyil Venus memiki beberapa reseller yang menjual produk roti mereka ke beberapa kota diluar kota Bogor dengan harga yang sama. Rahasia dibalik sukses roti si Unyil ternyata ada pada prinsip untuk menjaga kualitas. Walaupun bahan yang digunakan sedang kosong maka mereka tidak mau menurunkan kualitas bahan yang digunakan, dan menggunakan bahan pengganti yang kualitasnya lebih tinggi diatasnya.

RZ/MG

Komentar (1)

  • ANDY ATMOKO

    1 November 2021 | 16:19:34 WIB

    SALUT

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1361 seconds