Tips Agar Bisnis Kamu Tetap Terkoneksi dengan Para Pelanggan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Terus terkoneksi dengan pelanggan merupakan hal yang penting dalam berbisnis

LINK UMKM - Pandemi Covid-19 cukup berdampak pada para pelaku bisnis. Hal ini juga menyebabkan terganggunya hubungan dengan pelanggan. Dalam kondisi ekonomi saat ini, kebanyakan konsumen menabungkan uangnya ketimbang membelanjakan uang.

Karena itu, tentunya menjadi tantangan baru bagi para pelaku bisnis, terutama untuk usaha yang berpusat pada loyalitas pelanggan.

Mempertahankan loyalitas adalah tentang mengadaptasi penawaran, tergantung pada perubahan kebutuhan pelanggan. Hal ini termasuk dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, bahkan sebelum mereka merasa membutuhkan.

Agar dapat memprediksi apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, maka perusahaan harus menjaga hubungannya. Dilansir dari Entrepreneur, berikut tiga cara usaha dapat beradaptasi dengan perubahan hubungan pelanggan, terutama dalam masa pandemi Covid-19.

1. Lihat dan tinjau perkembangan bisnis
Jika menumbuhkan basis pelanggan adalah prioritas untuk bisnis saat ini, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan biaya jangka panjang dari pertumbuhan, baik dari segi reputasi maupun finansial, untuk menentukan apakah itu merupakan jalur yang berkelanjutan.

Bagian dari evaluasi dampak ini adalah melihat faktor-faktor yang dapat dikendalikan atau setidaknya dipertahankan, terutama selama pandemi banyak perusahaan yang mengalami krisis dan terpaksa memfokuskan kembali prioritas, sumber daya, dan tujuan untuk bertahan dari krisis.

2. Fokus pada keunggulan operasional tetapi tetap berpusat pada pelanggan
Trend bisnis saat ini adalah dengan memanfaatkan pola pikir berbeda dari melihat pengalaman pelanggan. Konvergensi keunggulan proses dan pengalaman pelanggan juga menjadi hal yang penting dan sebaiknya tertanam dalam struktur bisnis dan di dalam tim.

3. Gunakan data agar lebih tepat sasaran
Pemasaran digital dan saluran komunikasi sosial saat ini menjadi penting dan dapat menawarkan wawasan tentang perilaku pelanggan. Kamu bisa saja melakukan survei kepada pelanggan dan semakin banyak data maka akan akurat wawasan ini.

Melihat data dari waktu ke waktu akan semakin mengidentifikasi area untuk peningkatan proses yang berpusat pada persona, sekaligus memberdayakan pemetaan bisnis, perubahan, dan transformasi operasional.

Selain itu, dengan melihat data maka memungkinkan kamu menyesuaikan proses dan menjaga kepuasan pelanggan, bahkan di lingkungan yang berubah dengan cepat, meningkatkan loyalitas, dan tingkat retensi.

RZ/MG

Komentar (0)

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.127 seconds