10 Langkah Dalam Membangun Bisnis Kedai Kopi Minimalis

Jumat, 24 September 2021 | 12:00 WIB

Kedai Kopi Minimalis

LINK UMKM -  Seperti yang kamu ketahui, jika saat ini kedai kopi kekinian sudah menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, konsep kedai kopi kecil kini sangat menarik dan mampu membius anak muda.

Karena ada banyak konsep kafe yang seperti ini, tentunya kamu yang tertarik dengan bisnis ini harus punya strategi yang baik agar usaha yang dirintis bisa dapat bersaing.

Nah, berikut 10 langkah sukses membuka kedai kopi kecil seperti yang dilansir dari sevenmiles.

1. Riset
Pertama kali yang dapat kamu lakukan adalah memahami apa yang diperlukan untuk menjalankan kafe yang sukses. Cari tahu apa yang membuat kafe kopi berhasil dan yang tidak.

Pertimbangkan apa yang akan diambil dari bisnis lain dan apa yang akan membuat berbeda. Pelajari tentang basis pelanggan yang akan kamu tuju.

2. Tentukan visi
Memiliki visi yang jelas akan membantu konsistensi memilih nama, memutuskan dekorasi, merencanakan makanan, memilih kopi, memilih cangkir, dan menentukan cara akan berinteraksi dengan pelanggan.

3. Buat rencana bisnis
Proses ini membantu kamu memahami pasar lokal dan melihat dari dekat angka-angka yang dibutuhkan untuk membuat usaha sukses. Rencana bisnis akan memandu kamu melalui setiap tahap pengembangan dan pengelolaan kedai kopi. Itu juga akan berfungsi sebagai peta jalan tentang cara menyusun, menjalankan, dan mengembangkan usaha.

4. Pilih lokasi
Luangkan waktu untuk menentukan area yang dipertimbangkan. Perhatikan baik-baik seberapa berpotensi lingkungan sekitar tempat kopi yang akan kamu buka.

Ingat, pastikan benar-benar memahami apa yang membuat lingkungan sekitar tertarik. Penting juga untuk memahami detail sewa ritel, dengan begitu akan mempengaruhi profitabilitas dan nilai jual kembali bisnis di masa mendatang.

5. Temukan pemasok terbaik
Menemukan pemasok yang baik dan andal adalah komponen kunci dari kesuksesan bisnis apapun. Mulailah dengan membuat daftar semua persediaan yang dibutuhkan, sedetail mungkin. Dari hal ini, kamu dapat mulai meriset pemasok sampai menemukan pemasok yang tepat.

6. Sumber peralatan
Kamu bisa membeli peralatan langsung atau sewa peralatan melalui penyedia jasa. Dalam bisnis kopi, banyak juga kafe yang meminjam pemanggang kopi.

7. Desain kafe
Pahami selera basis pelanggan dengan rancangan kafe. Pilih satu tema dan berpegang teguh pada itu akan membuat identitas yang lebih kuat. Evaluasi efisiensi tata letak dari perspektif karyawan dan pelanggan.

8. Buat menu
Menu harus mengekspresikan visi dan tema kafe. Semuanya perlu dipertimbangkan, mulai dari pilihan makanan, desain, warna dan jenis huruf, hingga deskripsi, gambar, dan harga yang menarik.

Pikirkan tentang hidangan khas dan bagaimana hal itu dapat membentuk gaya menu kafe kamu. Hitung biaya bahan dan marjin setiap barang. Sebagai aturan praktis untuk memulai.

9. Pekerjakan orang yang tepat
Kamu akan memerlukan beberapa orang yang mempunyai pengalaman, terutama pada tahap awal. Namun, mengembangkan budaya tim yang hebat hanya terjadi jika mempekerjakan orang yang tepat. Jadi, pastikan untuk menemukan orang yang paling cocok untuk bisnis.

10. Promosi
Media sosial akan menjadi tempat promosi yang tepat, gunakan itu untuk membangun bisnis kamu. Tetapi tidak berhenti di situ. Pastikan mencantumkan kafe di Google Maps agar muncul di penelusuran lokal.

Komentar (0)