Melihat Sentra Kerajinan Tangan yang Menjadi Destinasi Wisata

Jumat, 17 September 2021 | 16:00 WIB

Membahas tentang banyaknya kerajinan tangan sebagai destinasi wisata di Indonesia

LINK UMKM - Sebagai negara yang dikenal kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga banyak mewarisi budaya dan situs sejarah yang bisa menjadi destinasi wisata.

Tak hanya, Indonesia adalah rumah bagi kerajinan tangan dan karya seni unik, mulai dari furniture, ukiran dekorasi rumah hingga kain, ornamen dan aksesori tradisional dengan ciri khas masing-masing setiap daerahnya.

Daerah atau sentra-sentra kerajinan khas ini sekarang menjadi destinasi wisata. Para pelancong bisa berkunjung ke pusat-pusat kerajinan, melihat, mempelajari keunikan motif dan sejarahnya. Bisa juga belajar membuatnya atau membawa pulang cinderamata.

Nah, untuk kamu yang belum tahu, berikut 7 sentra kerajinan tangan terkenal di Indonesia yang jadi daya tarik wisata :

1. Batik Solo, Surakarta

Dikenal sebagai rumah batik Indonesia, Solo memproduksi batik yang menggunakan bahan sogan dengan latar belakang kuning pucat. Beberapa motif yang paling populer dari Batik Solo adalah Batik Parang, Batik Kawung, Batik Sidomukti, Batik Truntum, Batik Satrio Manah dan Batik Semen Rante.

Ada beberapa destinasi wisata berbasis batik populer di Solo yang bisa kamu kunjungi, seperti Pasar Klewer yang merupakan pasar tekstil dengan ragam batik murah yang membingungkan dan Desa Laweyan yang menawarkan berbagai jenis batik berkualitas tinggi.

2. Wayang Kulit, Yogyakarta

Sudah diakui oleh UNESCO, Wayang adalah salah satu tradisi mendongeng terbesar di dunia yang masih menjadi kebanggaan Indonesia. Ada banyak jenis wayang yang terdapat di seluruh Indonesia, namun secara umum dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu, Wayang Golek yang merupakan wayang kayu dari Jawa Barat dan Wayang Kulit dari Jawa khususnya Yogyakarta.

Dibuat secara tradisional, wayang ini terbuat dari kulit kerbau atau kambing. Setelah kulit dibasahi dan dikeringkan, dibuat desain di atasnya, kemudian kulit dipotong sesuai kebutuhan. Proses pembuatan yang kompleks ini seluruhnya dilakukan dengan tangan. Wisata wayang bisa diikuti di Desa Wukirsari yang terletak di Bantul Yogyakarta.

3. Kerajinan perak, Yogyakarta

Asimilasi budaya Jawa ke dalam masyarakat Hindu memberikan daya tarik tersendiri pada kerajinan perak asal Yogyakarta, khususnya daerah Kotagede.

Kerajinan perak ini antara lain cincin, bros, kereta kuda, miniatur sepeda, anting-anting, becak, kapal-kapalan dan dekorasi lainnya.

Daerah paling populer untuk belanja kerajinan perak di Yogyakarta adalah Kotagede. Kerajinan perak Kotagede biasanya menampilkan motif tumbuhan, daun dan teratai. Produksi kerajinan tangan ini membutuhkan pengerjaan yang terampil.

4. Keramik, Klaten

Dekorasi keramik Kabupaten Klaten yang unik dan mengesankan membuat kawasan ini menjadi pusat perhatian. Kecamatan Bayat, Klaten mengembangkan reputasi menggunakan teknik rotasi miring untuk menghasilkan produk keramik dan gerabah, mulai dari guci bermotif, gerabah keramik berbentuk hewan dan patung manusia hingga tungku memasak.

5. Kerajinan Rotan Semarang

Semarang adalah pilihan utama jika kamu sedang mencari kerajinan rotan terbaik untuk dekorasi rumah. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai produk berkualitas tinggi.

Mulai dari perlengkapan rumah tangga seperti kursi, meja dan sekat ruangan hingga oleh-oleh seperti dompet, tas, keset dan penutup lampu. Sentra kerajinan rotan yang paling terkenal di Semarang adalah Kampung Krabatan. Produk mereka juga telah terjual ke seluruh dunia, terutama Eropa.

6. Ukiran Kayu, Bali

Ukiran kayu, salah satu bentuk seni kuno Bali, merupakan bagian penting dari kuil dan rumah dan juga digunakan sebagai pajangan atau souvenir.

Ukiran kayu khas Bali terbuat dari kayu jati, moja echo dan kayu chrysolite, serta menampilkan kombinasi motif bunga, buah hingga daun unik dengan bentuk cembung dan cekung yang indah. Salah satu pusat ukiran kayu paling terkenal di Bali adalah Desa Mas, terletak sekitar 6 KM di selatan Ubud, Bali.

7. Tenun Ikat, Sumba

Banyak komunitas di desa Sumba yang mengabdikan hidupnya untuk menenun tenun ikat, salah satu kain paling terkenal di Indonesia. Kerajinan tangan yang hidup ini menampilkan motif unik dan simbol yang berbeda.

Tempat populer yang disukai wisatawan untuk membeli kerajinan yang menakjubkan ini adalah Pasar Inpres Matawai di Kota Waingapu, bagian dari Sumba Timur.

RZ/MG

Komentar (1)

  • ROHMAT SUPRAPTO

    27 Sepember 2021 | 00:26:16 WIB

    Semoga kedepannya Indonesia lebih maju

    2 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1387 seconds