Manfaat Segmentasi pasar bagi UMKM

Jumat, 4 Juni 2021 | 08:00 WIB

Ilustrasi Segmentasi Pasar (Foto : freepik.com)

LINK UMKM -  Segmentasi pasar adalah salah satu strategi bisnis yang dimana pelaku usaha memecah target pasar yang mereka tuju menjadi lebih spesifik sehingga pemasaran produk atau layanan dari pelaku UMKM nantinya akan lebih efesien karena pelaku UMKM sudah mengetahui sekiranya kelompok atau pelanggan mana yang akan mereka tuju.

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan untuk menerapkan segmentasi pasar sebagai berikut,

Pertama, tentukan kriteria target pasar berdasarkan demografi, geografi, perilaku dan psikografis. Kedua, memahami masalah apa yang dihadapi pelanggan sehingga Anda dapat mengetahui kiranya produk atau layanan apa yang sesuai untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ketiga, ketahui kegiatan pelanggan saat, sebelum, dan sesudah menggunakan produk Anda apakah mereka puas, merasa tertarik, atau bahkan ingin menggunakan produk Anda kembali.

Keempat, pahami kegiatan dari pelanggan Anda terlebih yang berhubungan dengan kegiatan konsumsi misalkan seperti platform “apa yang sering digunakan?”

Kelima, memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda usaha Anda terus berkembang meskipun karakteristik pelanggan berbeda-beda.

Keenam, pemasaran produk/layanan akan tepat sasaran sesuai kemauan dari pelaku usaha. Ketujuh, retensi dimana pelanggan akan setia kepada pelaku usaha yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Kesembilan,  membantu pelaku usaha dalam memanfaatkan biaya yang ada dengan efektif dan efesien karena mengetahui biaya tersebut digunakan untuk apa. Terakhir, membantu pelaku usaha untuk melihat potensi dan peluang usaha lainnya.

MG

Komentar (6)

  • DIDIN ROHIDIN

    21 Juni 2021 | 11:22:15 WIB

    Thank linkumkm.id

    3 tahun lalu

  • DIDIN ROHIDIN

    21 Juni 2021 | 11:22:04 WIB

    Nice info

    3 tahun lalu

  • Alimin

    10 Juni 2021 | 13:32:53 WIB

    Terimakasi atas pengetahuan dan saranya

    3 tahun lalu

  • arjuna

    9 Juni 2021 | 21:49:34 WIB

    Bermanfaat banget, maju dan succes terus cahyo..

    3 tahun lalu

  • PUTU WIARTAWAN

    7 Juni 2021 | 10:21:07 WIB

    terimakasih atas penjabarannya...

    3 tahun lalu

  • Nanda aprilliyana

    7 Juni 2021 | 06:39:35 WIB

    3 tahun lalu

Copyright @ 2024 Link UMKM, All right reserved | Page rendered in 0.1485 seconds