Kiat Sukses Bisnis Kedai Kopi
Sabtu, 29 Februari 2020 | 16:00 WIB
LINKUMKM - Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit, membagikan enam kunci sukses bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengelola bisnis kedai kopi.
Victoria menyebut enam kiat tersebut diantaranya, produk inovatif dan rasa sesuai dengan lidah konsumen, harga yang kompetitif, tempat yang nyaman dan lokasi strategis, promosi yang tepat dan inovatif, serta inovasi dalam penjualan dan distribusi dengan menggunakan platform ride hailing.
Victoria mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM memiliki program dalam mendorong pengembangan bisnis kedai kopi. Diantaranya, fasilitas skim untuk wirausaha pemula, fasilitasi sertifikasi produk antara lain Merk, Halal, Hak Cipta, HACCP dan ISO, serta pendampingan usaha dan kelembagaan melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM.
"Termasuk program pelatihan vocational dalam meningkatkan keterampilan", ujarnya.
Bagi Victoria, Indonesia Coffee Event (ICE) 2020 tidak hanya sebagai ajang kompetisi tingkat nasional, namun juga menampilkan pameran produk kopi, sarana pendukung usahanya dan bertemunya para pelaku usaha untuk menjalin kemitraan. "Saya berharap, ajang ini dapat memotivasi koperasi dan UKM untuk terus meningkatkan kreativitas dan mengembangkan usahanya", katanya.