Cara Sukses Membangun Toko Online
Jumat, 23 September 2022 | 08:15 WIB
Brilian - Bisnis e-commerce diprediksi akan terus berkembang dan menjadi salah satu faktor yang menentukan sukes tidaknya perekonomian di masyarakat. Sebab aktivitas konsumen era kini ternyata mendominasi dunia online. Sebagai seorang pengusaha, ada baiknya untuk tahu tentang tren yang sedang berkembang di masyarakat, seperti keberadaan toko online yang ternyata cukup membantu berkembangnya sebuah bisnis.
Ekonomi pun akan terus berkembang dengan semakin maraknya bisnis online. Bahkan, kini peran toko online juga menjadi sangat penting. Untuk itu, dalam membangun toko online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terlebih bagi yang baru mengenal dunia online dan ingin mengembangkan bisnis melalui website toko online, seperti dilansir dari Mebiso.com.
1. Jangan terburu-buru meluncurkan website toko online
Ketika Anda tahu bahwa website toko online sudah menjadi tren bisnis saat ini, jangan lakukan itu jika Anda belum tahu kapan Anda harus menggunaknnya. Sebenarnya, menjalankan bisnis online dengan website bisa dilakukan kapan saja, tapi apa baik ketika kita belum sepenuhnya tahu tentang dunia bisnis atau toko online, tapi langsung menggunakan? Apa tidak akan membuat Anda lebih pusing?
Setidaknya, Anda adalah orang yang sudah aktif mengamati bahkan terlibat langsung dengan sistem jual beli secara online dengan menggunakan website. Anda akan tahu apa saja yang dibutuhkan oleh website toko online agar bisa digunakan dengan baik oleh pelanggan Anda. Jangan tergesa-gesa karena ingin mengikuti tren. Rencana dan tujuan Anda harus benar-benar jelas.
2. Letakkan fokus Anda pada pengguna, bukan hanya pada pelanggan
Saat Anda mulai beralih ke bisnis online, orientasi Anda kini bukan hanya untuk pelanggan, tapi pengguna atau pengunjung website Anda. Kenapa? Karena saat Anda memiliki website toko online, pengguna atau pengunjung adalah calon pelanggan Anda. Ketika mereka tidak memberikan penilaian menarik dari website Anda, bisa jadi mereka tidak bisa menjadi pelanggan Anda.
Sama halnya seperti ketika seseorang mengunjungi toko fisik Anda. Mereka yang ingin membeli produk Anda akan kembali berpikir ketika melihat pesaing jauh lebih baik dalam menata tokonya dibanding Anda. Ini tentang mereka yang datang dan ingin membeli, bukan yang sudah pasti membeli. Calon pelanggan potensial kita datang dari mereka yang ingin membeli produk, bukan yang hanya membutuhkan barang kita.
3. Uji semuanya dengan benar dan teliti
Saat Anda sudah siap memiliki website toko online, sebelumnya pastikan bahwa fitur umum dan utama sudah website Anda miliki. Mulai dari fitur shopping chart sampai dengan fitur testimonial pelanggan. Setiap toko online yang sukses menjual produk mereka adalah yang memberikan kemudahan kepada pengunjungnya.
Jika Anda menggunakan jasa developer, usahakan untuk mengoreksi setiap hasil dari pekerjaan mereka dan sesuaikan dengan kebutuhan website toko online Anda. Selebihnya bisa Anda tambahkan sendiri setelah Anda tahu ingin menambahkan fitur apalagi di dalam website toko online Anda.
4. Gunakan media sosial untuk pelengkap
Selain menggunakan website toko online untuk berjualan online, Anda juga bisa melengkapinya dengan media sosial. Hal ini karena memang tidak mudah membangun toko online dari nol seperti website toko online. Ini akan jauh lebih mudah ketika Anda mendekati pelanggan dengan media yang dekat dengan mereka, seperti media sosial.
Media sosial sangatlah dekat dengan masyarakat kita saat ini. Sudah banyak akun bisnis atau toko online yang menggunakan media sosial untuk berjualan dan membeli barang secara online. Kebiasaan masyarakat yang menjual dan membeli barang secara online melalui media sosial tidak bisa dihilangkan, tapi kitalah yang harus melengkapinya dengan website.
5. Cantumkan elemen media sosial ke dalam website
Setelah menggunakan media sosial sebagai pelengkap, kita juga bisa mencantumkan link atau elemen media sosial di website kita. Seperti ikon Facebook, Twitter, dan akun media sosial yang kita gunakan lainnya. Ini berguna untuk memperkenalkan media sosial kita kepada orang yang mengunjungi website kita. Mereka harus tahu di mana saja kita bisa ditemui dan dengan cara apa saja mereka bisa membeli produk kita.