Angkasa Pura Siapkan Kawasan UMKM di Bandara Soekarno-Hatta
Minggu, 24 November 2019 | 22:20 WIB
LINKUMKM - PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan pengenalan ulang kawasan Halal Park di Terminal 3 Soekarno-Hatta menjadi Small, Micro & Medium Business Incubator With Learning and Experience (SMMILE) Center. Pengenalan ulang ini untuk mendorong Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) tidak hanya sebagai tempat naik dan turun pesawat saja namun lebih dari itu juga menjadi pusat kegiatan dan pertumbuhan perekonomian.
Rencananya SMMILE Center akan dikelola PT Angkasa Pura Solusi. Selain menjadi wadah pedagang berjualan, SMMILE Center juga menjadi pusat pengembangan serta aktivitas pelatihan bagi sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
Kawasan tersebut diproyeksikan untuk memberikan dukungan bagi pelaku UKM mulai dari program inkubasi (SME Experience Center), lalu pelatihan (SME Traning Center), hingga pembiayaan (SME Financial Center).
Plt. Direktur Utama PT Angkasa Pura Solusi, Yundriati Erdani mengatakan, program pengembangan di SMMILE Center menjangkau UKM konvensional hingga UKM Digital atau Digital Startup.
“Soekarno-Hatta (Soetta) adalah bandara tersibuk di Indonesia dengan pergerakan penumpang pesawat mencapai 60-70 juta penumpang per tahun sehingga memiliki potensi untuk mendukung pertumbuhan UKM,” kata Yundriarti.
Yundriarti mengatakan, berupaya agar UKM termasuk startup bisa berkembang dan tumbuh secara profesional serta berkelanjutan. Sejumlah strategi sudah disiapkan agar upaya kami tercapai.
Kawasan SMMILE Center terletak di area seluas 8.000 meter persegi dengan 40 tenant modular yang dapat digunakan pelaku bisnis memasarkan produk dan jasa. Di area tersebut tersedia Coworking Space (APSPACE) untuk tempat pelatihan bagi UKM dalam rangka perluasan akses pasar melalui digitalisasi UKM.
Juga tersedia area plaza untuk kegiatan promosi, demo produk dan event event pemasaran bagi pelaku UKM. Tidak ketinggalan, implementasi konsep O2O (offline to online) dengan platform digital juga sedang dikembangkan sehingga nantinya produk-produk dan layanan di SMMILE Center dapat juga di akses secara online melalui aplikasi Indonesia Airports Mobile App dan via media sosial.