Program Bisnis Inkubator BRI Ingin Perluas UMKM ke Mancanegara
Rabu, 24 Juli 2019 | 21:16 WIB
LINKUMKM - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengembangkan bisnis program BRIncubator sejak 2018.
Program itu berupaya meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dan pangsa pasarnya ke mancanegara.
Kepala Desk Inkubator Bisnis dan Ritel BRI, Djoko Purwanto, menyampaikan, ada empat prinsip yang diajarkan pada pelaku usaha yakni Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global (4Go).
Djoko mengatakan Program Go Digital ini mendidik UMKM agar mampu memenuhi kebutuhan pasar hingga catatan keuangan.
Syarat untuk mengikuti program tersebut yaitu calon peserta harus memiliki usaha dan produksi. Pelaku UMKM bisa langsung mendaftar dan akan dilakukan seleksi pihak BRI.
Seperti tahun sebelumnya, BRIncubator memilih 500 pelaku UMKM dari lima kota di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Bali, dan Semarang. Para pelaku UMKM itu nantinya akan dibina di kota masing-masing hingga Oktober mendatang.
Djoko pun berharap tahun ini program tersebut ada peningkatan yang tervalidasi ekspor. Dia menargetkan dari 500 peserta yang mengikuti program ini, 10 persennya mampu mengembangkan bisnisnya hingga pasar internasional.
Djoko belum mau menyebutkan bentuk dan jumlah hadiah untuk para pemenang. "Yang jelas ada rankingnya, kita akan memilih lima terbaik dari masing-masing RKB. Untuk saat ini biarkan mereka fokus di pengembangan dulu," kata dia.