Pahami Karakter Gen Z, Si Konsumen Masa Depan
Senin, 28 Maret 2022 | 12:37 WIB
LINKUMKM - Salah satu faktor suksesnya sebuah bisnis adalah mempunyai segmen pasar yang tepat serta konsumen yang loyal. Untuk dapat memikat hati konsumen, tentunya pengusaha harus memahami karakter konsumennya baik konsumen saat ini maupun konsumen di masa depan. Konsumen masa depan bukan hanya kaum milenial tapi juga Gen Z yang lahir di pertengahan tahun 90-an hingga akhir 2000-an. Simak karakakter Gen Z berikut yang wajib Anda pahami.
1. Tertarik pada Teknologi Baru
Gen Z cenderung lebih fokus ke produk dibandingkan layanan. Mereka sangat terbuka pada teknologi terbaru dan mampu beradaptasi dengan cepat. Cobalah memanfaatkan berbagai teknologi terbaru untuk memasarkan bisnis Anda.
2. Tak Gampang Termakan Iklan
Nampaknya iklan tidak lagi menjadi sarana promosi yang jitu jika Anda ingin menyasar Gen Z. Karakter mereka yang berbeda dan tidak mudah tergoda iklan membuat Anda harus merancang pola pemasaran yang baru dan lebih kreatif.
3. Narsis
Gen Z termasuk orang-orang yang narsis layaknya anak muda zaman sekarang. Munculnya beragam sosial media menjadi wadah untuk menunjukkan eksistensi diri mereka. Bagi Anda yang ingin menyasar konsumen masa depan, pahami karakter mereka dan luangkan waktu untuk riset agar bisnis makin sukses.
4. Senang dengan Cerita
Gen Z senang dengan konten yang singkat dan umumnya berbentuk video (micro-storytelling). Konten disajikan berupa storytelling seperti pada IG Story atau SnapChat Story. Manfaatkan fitur tersebut untuk menggaet konsumen masa depan.