Mengapa Branding UMKM Penting? Ini Jawabannya
Sabtu, 27 Mei 2023 | 08:00 WIB
Brilian - Branding produk merupakan salah satu poin penting agar produk UMKM lekat di benak konsumen dalam jangka waktu lama. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memahami fungsi branding sebagai salah satu sarana menanamkan image dan citra produk maupun usaha secara positif.
PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mendorong pelaku UKM meningkatkan daya saing. Salah satunya dengan membangun branding.
"Kekuatan merek dapat memberikan nilai tambah yang tinggi terhadap produk yang dihasilkan sehingga memiliki nilai jual produk UMKM tersebut,” ujar Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi.
Menurut Arief, merek lokal harus dikenalkan secara efektif agar keinginan dan minat masyarakat untuk berwirausaha semakin meningkat. Tahun ini, PNM akan meningkatkan kualitas UMKM binaan agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas.
”Khusus untuk program Mekaar, UMKM rencananya akan dibina agar produk dan brand mereka bisa lebih dikenal masyarakat serta lebih bermutu,” ungkapnya.
Dia menambahkan, banyak pelaku UMKM yang menganggap menciptakan brand adalah hal yang tidak perlu karena berbiaya tinggi. Padahal branding produk, mereka dapat meningkatkan nilai jual dan menjadi pembeda dari kompetitor.
***
GN/LMP