Marketplace Diminta Bantu UMKM Naik Kelas

Kamis, 21 Februari 2019 | 10:00 WIB

Ilustrasi marketplace (Foto:pixhere)

Brilian - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan 8 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) go online. Dengan pemasaran online diharapkan dapat meningkatkan kemampuan akses pasar bagi pelaku UMKM.

Pelaksana Tugas Direktur Pemberdayaan Informatika, Kemenkominfo, Slamet Santoso mengklaim, target 8 juta UMKM online sudah tercapai namun masih tahap on boarding atau permulaan. Saat ini, 8 juta UMKM itu sedang menuju active selling.

Menurut Slamet, ada empat tahapan dalam Program UMKM online. Setelah on boarding dilanjutkan active selling (penjualan secara aktif), skill up (peningkatan kapasitas), dan go public (penawaran publik).

Untuk peningkatan menuju active selling, Slamet menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing marketplace yang dipilih UMKM sebagai tempat penjualan online. SElain itu, lanjut dia, pihaknya juga melibatkan pemerintah daerah.

“Kita serahkan kepada marketplace untuk membina menjadi UMKM. Termasuk pemerintah daerah kita libatkan,” ujarnya.

Sejauh ini sudah terdapat enam marketplace yang bekerja sama dengan pemerintah untuk program 8 juta UMKM online. Slamet berharap marketplace dapat memberikan pelatihan kepada mitra UMKM agar dapat menambah kapasitas dalam berbisnis.

Dia mengakui, mengubah pola pikir pelaku UMKM tidak mudah mulai dari tahap penjajakan dari analog ke online. Sebab, kebanyakan pelaku usaha cenderung puas dengan pencapaian yang sudah diraih.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x