Tingkatkam Pemasaran Produk UMKM Lewat Pameran
Sabtu, 9 Februari 2019 | 11:00 WIB
Brilian - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen meningkatkan pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM). Salah satu caranya melalui keikutsertaan dalam pameran.
“UKM merupakan kelompok ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia dan menjadi pengaman ekonomi regional dan nasional di masa krisis. Karena itu, penting bagi semua pihak untuk selalu mengutamakan dan memberdayakan UKM,” ujar Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga Eva Yuliana dalam siaran persnya, Jumat (8/2/2019).
Data Badan Pusat Statistik (BPS) mentebutkan jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada 2018 sebanyak 58,97 juta orang. Untuk meningkatkan pemasaran produk, Kemendag telah memfasilitasi pelaku UMKM melalui beberapa program.
Program tersebut meliputi bimbingan teknis manajemen sumber daya manusia, bimbingan teknis pelaku usaha, temu usaha UMKM dengan ritel modern dan marketplace, serta mengikutsertakan UMKM dalam berbagai pameran.
Eva menjelaskan, BUMN-UKM Great Sale merupakan bagian dari rangkaian Solo Great Sale 2019 yang digelar 1-28 Februari 2019. Kegiatan ini telah memasuki tahun kelima dengan target transaksi Rp600 miliar.
Tujuan acara ini menjaga stabilisasi peredaran uang di Solo serta menambah daya tarik bagi wisatawan. Selain itu juga sebagai ajang promosi akses pasar yang ekstensif.
“Kemendag mengapresiai pelaku usaha yang tergabung dalam Kadin Solo atas pelaksanaan Solo Great Sale kelimanya. Diharapkan, kegiatan ini dapat dilaksanakan di kota-kota lain di seluruh Indonesia,” pungkasnya.