5 Cara Mengetahui Penilaian Pelanggan Agar Bisnis Sukses

Sabtu, 3 September 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi media sosial (Pixabay)

Brilian - Pelanggan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa pelanggan, bisnis akan mengalami kebangkrutan karena tidak ada yang membeli atau memanfaatkan produk Anda.

Agar bisnis terus berkembang, menjaga dan meningkatkan jumlah pelanggan menjadi keharusan. Karena itu, Anda perlu untuk mengetahui penilaian pelanggan terhadap bisnis yang dijalankan. Berikut cara mengetahui penilaian pelanggan agar binsis Anda dapat terus berkembang:

1. Survei di tempat
Cara ini bisa dilakukan jika Anda menjalankan bisnis konvensional dengan membuka tempat usaha. Anda bisa melakukan survei di tempat misalnya dengan menyediakan monitor kecil di kasir.

Pelanggan bisa menilai produk dan pelayanan dengan mengklik gambar atau emotikon yang tersedia di layar monitor. Penilaian dari pelanggan bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan.

2. Survei lewat email
Cara ini cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis online. Setelah pesanan sampai di tangan pelanggan, Anda bisa mengirimkan e-mail yang isinya meminta penilaian pelayanan, kesesuaian dan kualitas produk yang dibeli.

Kirim email beberapa hari setelah produk sampai ke pelanggan. Jangan meminta penilaian pelanggan saat barang belum sampai di tujuan.

3. Live Chat
Manfaatkan fitur live chat untuk membangun relasi dengan para pelanggan. Melalui fitur ini, Anda dapat menjawab pertanyaan pelanggan terkait produk dan pelayanan. Fitur ini sangat efisien, namun Anda harus tanggap dalam menjawab setiap pertanyaan sehingga pelanggan tidak terlalu lama menunggu,

4. Media Sosial
Media sosial tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk saja tetapi juga untuk mendapatkan penilaian pelanggan. Melalui media sosial, pelanggan dapat menyampaikan masukan atau kritik terkait prosuk dan pelayanan.

5. Kolom komentar
Jika Anda menjalankan bisnis online, sediakan kolom komenter di toko online sehingga pelanggan dapat menyampaikan kritik atau masukan terkait pelayanan dan kualitas produk. Malalui kolom komentar, pelanggan bisa melihat penilaian pelanggan lain dan juga berinteraksi.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x