5 Tips Mengembangkan Bisnis e-Commerce

Minggu, 14 Mei 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi e-commerce (Pixabay)

Brilian - Di era digital seperti sekarang, bisnis e-commerce atau belanja online terus berkembang. Pesatnya pertumbuhan bisnis e-commerce tak lepas dari pergeseran perilaku bisnis global yang sangat signifikan.

Kini untuk menjalankan bisnis tidak lagi terkendala geografis, tapi lebih dipengaruhi kreativitas dan kemampuan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru. Untuk menjalankan dan kemudian mengembangkan bisnis e-commerce perlu strategi yang tepat. 

1. Berpikir seperti pelanggan
Salah satu cara mengembangkan e-commerce dengan berpikir seperti konsumen. Karena itu, Anda perlu melatih diri berpikir seperti konsumen untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan mereka. Tidak masalah apakah Anda menyukainya atau tidak dengan keinginan konsumen, tapi akan menjadi masalah apabila mereka tidak menyukai produk Anda.

2. Aktif mengunakan media sosial
Anda bisa menggunakan media sosial untuk memasarkan produk yang dijual. Pemasaran online melalui media sosial efektif untuk menjangkau pasar yang luas. Dengan berinteraksi dan menjalin hubungan baik melalui media sosial, peluang Anda untuk mengembangkan e-commerce semakin besar karena targetnya lebih terarah.

3. Memetakan perilaku pelanggan
Anda perlu memetakan perjalanan konsumen mulai saat pertama kali mereka melihat hingga akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Ketahui produk dan merek apa yang mereka sukai. Dengan mengenali perilaku konsumen, Anda akan lebih mudah mengembangkan bisnis e-commerce Anda di masa depan.

4. Menjual dengan cara unik
Menjual produk dengan cara konvensional sudah biasa. Karena itu, Anda perlu memikirkan untuk menjual produk dengan cara unik atau cara yang tak biasa. Anda bisa menggunakan sudut pandang berbeda untuk menentukan cara penjualan yang unik.

5. Membangun loyalitas konsumen
Anda harus menemukan ceruk yang tepat untuk memasarkan produk. Artinya Anda harus menemukan kecocokan produk yang dijual dengan pasarnya. Ini penting untuk membangun loyalitas konsumen. Dengan adanya loyalitas kosumen, bisnis e-commerce akan berkembang dan profitabilitas usaha dapat tercapai. 

***

GN/LMP

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x