5 Tips Sukses Memasarkan Usaha Rumahan
Jumat, 23 September 2022 | 10:07 WIB
Brilian - Di era seperti sekarang, usaha rumahan berskala UKM berkembang pesat. Salah satu penyebanya karena usaha rumahan relatif mudah untuk dijalankan dengan modal awal menyesuaikan kemampuan.
Namun yang harus menjadi perhatian dalam memulai bisnis termasuk skala rumahan, adalah strategi pemasarannya. Hal ini tak lepas dari persaingan usaha rumahan yang juga semakin ketat. Berikut beberapa strategi pemasaran agar usaha rumahan Anda bisa berkembang:
1. Pemasaran Konvensional
Promisi dari mulut ke mulut merupakan salah satu strategi pemasaran konvensional yang ampuh. Cara ini efektif untuk meyakinkan customer, apalagi jika yang menyampaikan costumer lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan usaha rumahan Anda lewat selebaran, brosur dan kartu nama.
2. Pemasaran Online
Selain secara konvensional. Anda perlu mempromosikan produk secara online. Di era teknologi modern seperti saat ini, pemasaran online sudah menjadi keharusan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Anda bisa memilih untuk membuat website, toko online, bergabung dengan marketplace atau memprpmosikan produk melalui media sosial.
3. Free Review
Saat usaha rumahan baru berjalan, Anda bisa mempromosikannya dengan cara free review. Caranya dengan menggratiskan produk dalam jumlah tertentu. Tujuannya tidak hanya sebagai promosi saja tetapi untuk mengetahui review costumer terhadap produk Anda, apakah disukai atau tidak. JIka ada kekurangan, Anda bisa memperbaikinya.
4. Ikut Bazar
Cara lain untuk memasarkan produk rumahan Anda adalah dengan mengikuti bazar. Di ajang tersebut, Anda bisa memamerkan dan menjual produk. Selain itu, bazae juga dapat Anda manfaatkan untuk menjalin relasi.
5. Kemitraan
Selain mamasarkan sendiri, Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan toko atau minimarket. Namun, sebelum Anda menjalin kemitraan, kenali karakter pembelinya untuk mengetahui apakah mereka membutuhkan produk Anda. Pilih toko atau minimarket yang sesuai dengan target pasar produk Anda.