Tips Sukses Mengelola Usaha Sembako

Sabtu, 24 September 2022 | 10:44 WIB

Usaha berjualan sembako (Pixabay)

Brilian - Berjualan sembilan bahan pokok (sembako) bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai usaha. Usaha ini menjadi salah satu pilihan karena perputaran uangnya yang cepat sehingga dapat segera menghasilkan keuntungan.

Siapapun bisa memulai usaha ini dan mengembangkannya menjadi besar. Namun dengan persaingan yang semakin ketat, pengelolaan usaha ini membutuhkan strategi yang tepat. Berikut tips dalam menjalankan usaha sembako:

1. Kelengkapan
Kelengkapan barang yang dijual ikut menentukan kesuksesan usaha sembako Anda. Hal ini karena umumnya pembeli lebih menyukai tempat yang menyediakan barang kebutuhan secara lengkap.

Selain sembako, Anda bisa melengkapinya dengan menyediakan produk lain yang masih terkait kebutuhan pembeli. Misalnya alat mandi, mainan anak, pulsa, makanan ringan dan lain-lain. Ini dapat Anda lakukan ketika memulai usaha atau secara bertahap menyesuaikan kebutuhan pembeli.

2. Ketersediaan stok
Secara rutin Anda harus mengecek ketersediaan stok sehingga pembeli mendapatkan apa yang ingin dibeli. Pastikan Anda terhubung dengan supplier yang bisa menjamin ketersedian stok untuk usaha Anda.

Jangan sampai ketika pembeli datang tetapi stok sudah habis. Ini bisa mengurangi tingkat kepercayaan pembeli terhadap usaha sembako Anda. Jika sering terjadi, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan pelanggan atau calon pembeli.

3. Kerapian dan kebersihan
Untuk menarik pembeli, Anda perlu menata barang dagangan dengan rapi. Selain terlihat lebih menarik, penataan yang rapi akan memudahkan pembeli saat mencari barang kebutuhan yang akan dibeli.

Selain kerapian dalam menata barang, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan tempat usaha. Jaga agar barang yang Anda jual selalu dalam kondisi bersih sehingga pembeli merasa nyaman.

4. Harga dan pelayanan terbaik
Dalam menjalankan bisnis, termasuk usaha sembako, harga dan pelayanan menjadi pertimbangan pembeli. Berikan harga yang terjangkau serta pelayanan yang ramah.

Selain pembeli merasa nyaman, pelayanan yang baik juga menjadi promosi gratis bagi usaha Anda. Bukan tidak mungkin pembeli yang merasa nyaman akan menceritakan pengalamannya kepada teman atau kerabat mereka.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x