Ingin Sukses, Pelaku UKM Bisa Maksimalkan Media Sosial

Selasa, 21 Desember 2021 | 10:00 WIB

Ilustrasi media sosial (Foter.com)

Brilian - Di era digital, media sosial menjadi salah satu penunjang dalam bisnis mulai skala usaha kecil dan menengah (UKM) hingga besar. Salah satu media sosial yang berdampak besar terhadap UKM di Indonesia adalah Instagram.

Demikian hasil studi Ipsos sebuah perusahaan riset pasar yang berbasis di Prancis. Hasil studi itu menyebutkan secara global, Instagram mampu membawa penggunanya untuk lebih dekat dengan kesukaan mereka. Hal ini tak lepas dari fitur-fitur menarik yang disediakan media sosial berbagi gambar tersebut.

"Fitur-fitur yang disediakan dirancang untuk mendorong interaksi pebisnis dan konsumen dengan lebih mudah, nyaman dan menarik," ujar Ipsos dalam keterangan tertulis.

Dalam studinya, Ipsos melibatkan 3.012 pengguna berusia di atas 13 tahun, dan 502 pengguna profil bisnis Instagram UKM. Wawancara dilakukan secara online kepada 102 pelaku usaha pada periode 21 Agustus-6 September 2018.

Responden yang diwawancarai adalah mereka yang menggunakan Instagram sebagai sarana promosi dan berjualan. Hasilnya 49 persen setuju bahwa berjualan di Instagram lebih penting dibanding situs web.

Sebanyak 43 persen responden berharap Instagram bisa mengantarkan kesuksesan di masa mendatang, 66 persen responden optimistis Instagram bisa mendatangkan pelanggan dari dalam dan luar negeri dan 62 persen pelaku usaha menemukan inspirasi usaha lain dari Instagram.

 

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x