Tingkatkan Daya Saing dan Akses Pasar Lewat UMKM Expo
Kamis, 20 Desember 2018 | 11:14 WIB
Brilian - Pemerintah melalu Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus membantu pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar 100 % UMKM Expo untuk memperluas jaringan pemasaran.
Melalui UMKM Expo, UMKM dapat mengenalkan produk mereka kepada masyarakat. Ajang tersebut juga dapat menjadi saluran pertukaran informasi dan diferensiasi produk. Sedangkan dalam jangka panjang dapat meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar global.
“Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa, cipta, dan karya yang kreatif sehingga dapat bersaing. Melalui pameran ini, setiap pelaku UMKM juga dapat saling bersilaturahmi dan menyosialisasikan produk-produknya,” ujar Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Eva Yuliana.
Pemerintah berkomitmen menjamin kemudahan UMKM, menjaga ketersediaan bahan baku dan keseimbangan harga dan mempromosikan produk UMKM potensial. Dengan semakin menguatnya sektor UMKM akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga neraca perdagangan.
“Penyelenggaraannya (UMKM Expoo) yang bertepatan dengan liburan sekolah diharapkan memberikan edukasi dan informasi kepada konsumen mengenai kekayaan budaya yang ditampilkan UMKM dengan produk-produk yang berbasis kearifan lokal,” harapnya seperti dilansir dari situs Kemendag.
Sebanyak 50 UMKM binaan BUMN, BUMD, dan umum ikut beroartisipaso dalam UMKM Expo di Sukoharjo pada 18-19 Desember 2018. Produk yang ditawarkan adalah kuliner, fashion, kerajinan, makanan ringan dan minuman, kain, dan aksesori. Selanjutnya 100% UMKM Expo akan digelar di Benteng Vastenburg, Kota Surakarta pada 22-23 Desember 2018.