Ini Tantangan UKM di Era Ekonomi Digital
Kamis, 16 Desember 2021 | 12:12 WIB
Brilian - Usaha kecil menengah (UKM) terus didorong untuk tidak ragu memanfaatkan teknologi digital dalam pemasarannya. Tujuannya agar UKM mampu menghadapi perubahan selera dan perilaku konsumen.
Era ekonomi baru yang serba digital merupakan tantangan besar bagi para pelaku UKM. Di era ini, konsumen menuntut kecepatan, ketepatan, dan kemudahan dalam membeli produk.
Tantangan ini dapat diatasi pelaku UKM dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital dalam bisnis mereka, misalnya dalam pemasaran.
Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengungkapkan, dengan kemajuan teknologi semua orang bisa menjadi wirausaha. Hal ini tak lepas dari kemudahan berbagai hal, salah satunya dalam pemasaran produk.
Untuk menjual barang, lanjut dia, tidak memiliki toko konvensional. Semua orang bisa memiliki toko online untuk memasarkan dan menjual produknya.
"Saya mengajak seluruh pelaku UKM untuk memotivasi rekan-rekannya agar ikut menjadi pengusaha, terlebih di era ini, dimana profesi sebagai pengusaha menjadi jauh lebih mudah," ujarnya saat membuka SETC Expo 2018.
Menkop dan UKM berharap rasio kewirausahaan Indonesia akan terus meningkat. Rasio kewirausahaan Indonesia pada 2017 sebesar 3,1 persen dari total jumlah penduduk. Angka ini meningkat dibanding pada 2014 yang sebesar 1,6 persen.