Manfaatkan Marketplace, Penjualan Bisa Dua Kali Lipat
Kamis, 18 November 2021 | 08:00 WIB
Brilian - Saat ini jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sekitar 59,7 juta. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar memasarkan produknya ke marketplace.
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Septriana Tangkary mengungkapkan dari jumlah itu, hanya 9 persen yang sudah menggunakan teknologi. Dari 9 persen itu, 18 persen menggunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.
"Ke depan, 18 persen yang sudah pakai media sosial tadi kami geser sedikit agar pakai &039;e-commerce&039;," ujarnya.
Septriana mengatakan marketplace sudah memiliki sistem transaksi yang lebih aman. Selain itu menjual produk lewat marketplace juga bisa mendongkrak penghasilan hingga dua kali lipat.
"Sekarang ada belasan marketplace di Indonesia, dan itu bisa dimanfaatkan," katanya.
Salah satu upaya mendorong UMKM agar memanfaatkan marketplace melalui program &039;UMKM Go Online&039;. Program ini merupakan program nasional terkait ekonomi kerakyatan yang diharapkan memberikan dampak besar bagi perekonomian.
"Salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia adalah UMKM, jika UMKM bisa masuk online, penjualan tak hanya di Indonesia, bisa keluar juga dan ekonomi Indonesia bisa tambah naik," kata Septriana.
Penetrasi pengguna internet di Indonesia lebih dari 132 juta, Pengguna e-commerce juga terus meningkat seiring bertambahnya portal e-commerce. Edukasi penggunaan e-commerce penting agar pelaku UMKM dapat memaksimalkannya untuk mengembangkan usaha.
Pada tahun 2017, sebanyak 4,6 juta UMKM telah berjualan melalui e-commerce. Sedengkan untuk tahun 2018 dipastikan ada 2.675.000 UMKM.