Habolnas 2018 Beri Ruang Tingkatkan Penjualan Produk Lokal UMKM
Kamis, 15 November 2018 | 14:07 WIB
Brilian - Pesta belanja online terbesar di Indonesia, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan berlangsung pada 11-12 Desember 2018. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada hari pertama Habolnas nanti akan khusus didedikasikan penuh untuk meningkatkan penjualan produk lokal dari para pelaku UMKM di Indonesia.
Harbolnas 2018 dengan tema ‘Belanja untuk Bangsa’ diharapkan dapat meningkatkan nilai produk lokal di platform e-commerce, Lebih dari 300 e-commerce akan ikut berpertisipasi atau meningkat dibandingkan sebelumnya yakni 254 pelaku e-commerce.
Berbagai produk lokal akan dihadirkan dalam Habolnas 2018 mulai dari kerajinan, apparel hingga snack lokal. Habolnas juga diharapkan dapat mendorong UMKM Go-online.
“Kami ingin mendorong semangat gotong royong baik dari pelaku e-commerce, produsen lokal serta rakyat Indonesia untuk membangkitkan nilai produk lokal dengan membeli dan menggunakannya. Dengan Belanja untuk Bangsa, secara tidak langsung masyarakat juga ikut serta dalam membantu perekonomian Indonesia,” ujar Ketua Panitia Harbolnas 2018, Indra Yonathan dalam konferensi pers di Jakarta.
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyambut baik pelaksanaan Harbolnas 2018 yang berfokus pada semangat gotong royong dalam meningkatkan nilai produk lokal di era perdagangan digital. Enggartiasto menyerukan untuk berbelanja produk lokal.
“Belanjalah melalui online, belanjalah produk-produk dalam negeri, produk-produk karya anak bangsa. Bangga kita menjadi Bangsa Indonesia, bangga kita mempergunakan produk dalam negeri. Produk dalam negeri keren,” katanya.
Selama ini produk lokal seringkali mengalami hambatan dalam hal pengembangan. Selain masalah modal, mereka masih kurang dalam pemehaman pemasaran dan distribusi. Harbolnas dinilai dapat membantu mengangkat produk UMKM.