Tips agar Konsumen Tak Kabur ke UKM Lain

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:42 WIB

Ilustrasi Konsumen/linkedin

Brilian -  Walaupun dibilang usaha kecil, peran seorang customer service pada bisnis skala ukm ternyata juga penting untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Apalagi buat pelaku bisnis ukm dengan sistem online, karena pelayanan yang diberikan kepada konsumen bisa jadi penentu konsumen semakin loyal atau malah kabur ke penjual lain.

Nah agar calon konsumen tak sampai kabur ke ukm lain, sebaiknya catat 3 tips ini agar penjualan kamu semakin meningkat.

Hindari sikap cuek, agar pelanggan tak pergi

Setiap konsumen pasti bakal bete kalu tak mendapatkan pelayanan bagus dari penjual. Karenanya setiap chat atau telepon dari konsumen harus dilayani dengan penuh keramahan. Jika tak langsung deal dalam bertransaksi, lakukan kontak balik untuk menindaklanjuti obrolan sebelumnya. Langkah kecil ini cukup efektif, sebab mengabaikan pelanggan hanya akan membuat citra usaha kamu buruk

Buat konsumen tak sungkan melakukan repeat order

Sekedar menanyakan kabar dan mencari tahu pengalaman konsumen selama menggunakan produkmu, juga bisa jadi tips bisnis sederhana untuk memancing konsumen melkukan repeat order. Apalagi jika ditambah iming-iming bonus, sudah pasti tak akan sungkan untuk melakukan pemesanan lagi

Dengarkan suara hati konsumen agar tak salah sasaran

Tips ketiga inilah yang paling sering diabaikan kebayakan penjual. Sebab kebanyakan penjual hanya melakukan komunikasi satu arah tanpa mendengarkan suara hati pelanggannya. Padahal pendapat konsumen bisa jadi data penting untuk menyusun strategi bisnis.

Trias prihantoro

23 Januari 2018 | 03:03:37 WIB 6 tahun lalu

Tips yg bagus, bagikan tips tips bisnis yg lain ya admin, mudah mudahan memberikan nilai tambah bagi para pebisnis mikro dan UMKM..

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x