Tips agar Konsumen Tak Kabur ke UKM Lain
Jumat, 21 Januari 2022 | 14:42 WIB
Brilian - Walaupun dibilang usaha kecil, peran seorang customer service pada bisnis skala ukm ternyata juga penting untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Apalagi buat pelaku bisnis ukm dengan sistem online, karena pelayanan yang diberikan kepada konsumen bisa jadi penentu konsumen semakin loyal atau malah kabur ke penjual lain.
Nah agar calon konsumen tak sampai kabur ke ukm lain, sebaiknya catat 3 tips ini agar penjualan kamu semakin meningkat.
Hindari sikap cuek, agar pelanggan tak pergi
Setiap konsumen pasti bakal bete kalu tak mendapatkan pelayanan bagus dari penjual. Karenanya setiap chat atau telepon dari konsumen harus dilayani dengan penuh keramahan. Jika tak langsung deal dalam bertransaksi, lakukan kontak balik untuk menindaklanjuti obrolan sebelumnya. Langkah kecil ini cukup efektif, sebab mengabaikan pelanggan hanya akan membuat citra usaha kamu buruk
Buat konsumen tak sungkan melakukan repeat order
Sekedar menanyakan kabar dan mencari tahu pengalaman konsumen selama menggunakan produkmu, juga bisa jadi tips bisnis sederhana untuk memancing konsumen melkukan repeat order. Apalagi jika ditambah iming-iming bonus, sudah pasti tak akan sungkan untuk melakukan pemesanan lagi
Dengarkan suara hati konsumen agar tak salah sasaran
Tips ketiga inilah yang paling sering diabaikan kebayakan penjual. Sebab kebanyakan penjual hanya melakukan komunikasi satu arah tanpa mendengarkan suara hati pelanggannya. Padahal pendapat konsumen bisa jadi data penting untuk menyusun strategi bisnis.