Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Omzet Ratusan Juta
Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Brilian - Siapa bilang ibu rumah tangga gak bisa sukses berbisnis? Ini contohnya, 2 orang mahmud (mamah muda) dari bandung ini, berhasil membangun bisnis beromset ratusan juta perbulan, dalam kapasaitasnya sebagai ibu rumah tangga. Kreatifitas keduanya menghantarkan mereka pada level lebih baik sebagai mamah muda yang berbisnis. Ya, benar-benar bisnis ibu rumah tangga karena yang mereka jualpun adalah kebutuhan dasar buat ibu rumah tangga.
Sebuah upaya yang awalnya bertujuan menyelesaikan problem pribadi, kalau digeluti dan dikembangkan dengan baik, bisa menjadi bisnis yang aduhai. Tengoklah apa yang dialami Bintan Sholihat dan mitra bisnisnya yang dikenalnya sejak kuliah di Institut Teknologi Bandung, Dwi Yulia Nurbani. Sebagai ibu muda, Bintan dan Dwi merasakan betul betapa repotnya menyusui di tempat umum. Terkadang si bayi telanjur menangis minta air susu ibu (ASI), tetapi tentu tak pantas menyusui di muka umum tanpa kain penutup. Karena itulah, dua sekawan ini berinisiatif membuat pakaian yang didesain khusus untuk ibu menyusui agar nyaman memberikan ASI di tempat umum.
Bintan-Dwi lalu sepakat meluncurkan NyoNya Nursing Wear (NNW). “Awalnya, ide membuat brand baju hamil dan menyusui datang dari kebutuhan pribadi. Pelanggan pertama ya kami sendiri. Tetapi, ternyata banyak ibu lain yang terbantu. Mereka ingin tetap tampil cantik dan stylish saat menyusui,” ungkap Bintan.
Saat mencari konsep dan pemasok bahan, baik Bintan maupun Dwi berpanas-panas ria menyusuri Jalan Otista, Bandung. “Browsing sana-sini untuk desain baju, sambil menahan mual dan pusing yang luar biasa karena sedang hamil muda. Kami hunting bahan,” ujar Bintan mengenang.
Setelah konsep digarap dalam tiga bulan, NNW resmi diluncurkan pada Februari 2014.
Produksi NNW dipusatkan di Bandung. Dalam menjalankan bisnis ini, Bintan dan mitranya berbagi modal sama rata, 50:50. “Modal awal kami tidak besar karena kami membelanjakan pos yang esensial saja. Setelah launching, baru kami suntik sedikit demi sedikit, bertahap,” ungkapnya seperti dilansir kampung wirausaha
Strategi utama untuk menjual NNW adalah kekuatan produk. “Produk kami buat sesempurna mungkin mencakup aspek kenyamanan, estetika dan privasi. Kami berusaha tetap catch up dengan tren fashion terbaru supaya desain baju kami stylish dan fashionable,” kata Bintan. Untuk titik penjualan, mereka mengandalkan kekuatan media online. “Konsep kami memang online ,” ujar Bintan yang sebelumnya bekerja sebagai konsultan di Pricewaterhouse Coopers Indonesia.
Tak mengherankan, sampai saat ini NNW belum punya toko offline. Namun, NNW juga bekerja sama melalui pola konsinyasi dengan beberapa pemilik toko maternity wear di Bandung dan Jabodetabek. Sebut contoh, di Jakarta dengan Hot Momma di Mal Cinere dan Nenen Shop di Plaza Pondok Indah.