Tips Sukses Bisnis Tanpa Iklan Berbayar

Rabu, 15 Juni 2022 | 08:23 WIB

Ilustrasi kiat sukses dalam berbisnis (pixabay.com)

LINK UMKM - Sebagian besar pelaku usaha memilih beriklan untuk mempromosikan produknya saat mengawali bisnis mereka. Tujuannya agar khalayak ramai mengetahui perusahaan dan jenis produk yang mereka jual.

Biaya untuk beriklan tidak murah bahkan bisa menguras isi kantong, tergantung di mana Anda beriklan. Jika Anda memang menyiapkan budget untuk beriklan tentu tidak masalah. Namun, bagaimana kalau Anda tidak memiliki budget?

Anda bisa menggunakan cara lain untuk mempromosikan produk Anda. Berikut cara agar bisnis tetap bisa berkembang tanpa beriklan:

1. Promosi gratis
Promosi dari mulut ke mulut bisa menjadi pilihan. Memang cara ini sangat tradisional tetapi masih efektif. Setiap kali selesai bertransaksi, jangan lupa mengingatkan pembeli untuk memberitahukan produk yang dibelinya kepada orang lain.

Selain itu, Anda bisa mempromosikan produk Anda melalui media sosial. Dengan media sosial, jangkauan target pasar akan semakin luas.

2. Produk berkualitas
Siapa yang tidak menginginkan produk berkualitas? Menjual produk berkualitas bisa menutup kekurangan Anda karena tidak beriklan.

Selain berkualitas, buatlah produk barang yang mengikuti tren atau kekinian. Dengan menjual produk berkualitas yang kekinian akan memberi nilai lebih untuk menarik pembeli.

3. Harga terjangkau
Biasanya produk berkualitas, harganya mahal. Anda harus memikirkan untuk menjual produk berkualitas tetapi dengan harga terjangkau dibandingkan produk kompetitor. Salah satu caranya dengan mengambil keuntungan tidak terlalu besar dari penjualan produk Anda.

4. Produk terbatas
Produk limited edition biasanya lebih menarik minat pembeli dibanding produk massal. Ada kepuasan tersendiri jika memiliki atau menggunakan produk seperti itu.

Jika Anda tidak memiliki budget beriklan, Anda harus menjadikan produk Anda eksklusif sehingga orang berebut untuk membelinya setiap Anda merilis produk baru.

5. Pembeli menjadi prioritas
Luangkan waktu untuk berbincang langsung dengan pembeli. Hal ini mengetahui keinginan pembali dan apa yang mereka inginkan di kemudian hari.

Setelah mendapatkan masukan dari pembeli, Anda bisa berkreasi untuk merancang produk sesuai keinginan mereka. Dengan terus berkreasi dan berinovasi, produk Anda akan bisa bersaing meski jumlah kompetitor terus bertambah.

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x