Tips Sukses Bagi Reseller Pemula
Kamis, 16 Juni 2022 | 10:27 WIB
LINK UMKM - Bisnis reseller tidak hanya cocok untuk ibu rumah tangga tetapi juga bisa dijalankan siapa saja tanpa batasan usia. Ada beragam kategori bisnis reseller yang bisa ditekuni di antaranya pakaian, tas, sepatu dan produk kecantikan.
Bagi pemula mungkin akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis reseller. Apalagi jika belum memiliki pengetahuan dan jaringan yang luas untuk memasarkan produk.
Sebelum menjadi reseller, sebaiknya Anda menjadi penjual konvensional terlebih dahulu. Setelah mendapatkan banyak pelanggan dan orderan, Anda bisa bergabung menjadi reseller. Berikut tips untuk reseller pemula:
1. Kenali produk
Mengenali produk adalah hal wajib bagi seorang reseller. Dengan mengenali produk, Anda akan mendapatkan gambaran seberapa besar peluang dan kompetitornya. Misalnya jika memilih menjadi reseller pakaian, Anda harus siap bersaing ketat karena sudah menjamur di mana-mana.
Dalam mengenali produk, Anda harus mempertimbangkan popularitas brand. Semakin populer brand tersebut, konsumen akan semakin tertarik untuk membelinya sehingga peluang untuk menjual produk terbuka lebar.
2. Profil Perusahaan
Saat memutuskan menjadi reseller berarti Anda telah bergabung dengan perusahaan pemilik produk. Karena itu sebelum bergabung, Anda bisa mempelajari profilnya terlebih dulu. Ini untuk menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.
3. Pelayanan konsumen
Anda perlu memastikan berapa lama jam layanan konsumen yang diberikan perusahaan. Apakah buka setiap hari atau ada hari libur? Selain itu Anda harus mengetahui bagaimana sistem pengirimannya. Ini penting bagi Anda untuk mengkalkulasi waktu pengiriman produk kepada pelanggan.
4. Pamasaran Produk
Media sosial bisa menjadi sarana efektif untuk memasarkan produk karena jangkuannya yang luas. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan atau meminta bantuan relasi untuk memasarkan produk yang Anda jual. Agar mereka tertarik membantu, Anda bisa menawarkan komisi setiap kali mereka berhasil menjual satu produk.