Tips Memulai Usaha di Bidang Jasa
Jumat, 23 September 2022 | 08:02 WIB
Brilian - Ruang lingkup usaha tidak hanya terbatas pada menjual produk tetapi bisa juga jasa yang memberi pelayanan kepada konsumen. Untuk memulai usaha jasa tidak harus langsung terjun dalam skala besar. Usaha jasa dengan modal kecil atau sesuai kemampuan bisa menjadi pilihan.
Apa saja yang harus dilakukan untuk memulai usaha jasa dengan modal kecil? Apakah dengan modal kecil dapat mendatangkan yang jauh lebih besar?
Berikut ini empat hal yang harus diperhatikan saat Anda ingin memulai membuka usaha jasa:
1. Menentukan bidang jasa dan besaran modal
Bisnis jasa apa yang Anda ingin mulai? Pertanyaan itu menandai awal Anda yang ingin memulai usaha jasa. Anda harus memilih bidang jasa yang ingin dijadikan usaha.
Banyak bidang jasa yang bisa Anda pilih misalnya jasa pengiriman barang, jasa loket pembayaran, jasa laundry dan lain-lain. Setelah memutuskan bidang jasa apa, Anda bisa memperhitungkan besaran modal yang dibutuhkan.
2. Kemampuan, bakat dan passion
Jika bingung dalam menentukan jenis usaha jasa apa, Anda bisa memulainya yang berhubungan dengan kemampuan diri Anda. Bakat dan passion adalah dua hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehingga akan mendorong kemampuan Anda.
Misalnya Anda memiliki bakat dalam berbahasa asing, Anda bisa membuka tempat kursus di rumah Anda atau menjadi guru privat bahasa asing. Jika memiliki passion di bidang fotografi, Anda bisa menawarkan jasa pemotretan dan editing foto.
3. Selera pasar
Saat akan memulai usaha termasuk bidang jasa, Anda harus memutuskan apakah mengikuti selera pasar yang bisa berubah setiap waktu atau menciptakan selera pasar? Dua pilihan itu masing-masing memiliki konsekuensi.
Jika memilih yang pertama, berarti Anda harus cermat mengamati selera pasar dari waktu ke waktu. Sementara bila memilih pilihan kedua, Anda harus selalu memikirkan inovasi baru.
4. Marketing
Pemasaran ikut menentukan sukses atau tidaknya bisnis baik produk maupun jasa. Anda tidak hanya harus tahu tetapi juga paham bagaimana cara memasarkan produk jasa Anda.
Tentukan segmen pasar sesuai dengan produk jasa yang Anda tawarkan. Selanjutnya, pikirkan bagaimana memperkenalkannya dan membuat calon konsumen tertarik dengan produk jasa Anda.