Rekomendasi Tools CRM Paling Diminati di Indonesia 2024

Sabtu, 10 Agustus 2024 | 11:00 WIB

Rekomendasi Tools CRM Paling Diminati di Indonesia 2024

LINK UMKM - Pelanggan adalah elemen krusial dalam bisnis yang memerlukan perhatian dan pelayanan yang optimal. Namun, mempertahankan pelanggan bisa menjadi tantangan karena setiap individu memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda. Untuk mengatasi hal ini, banyak perusahaan beralih ke penggunaan alat CRM (Customer Relationship Management). 

Alat CRM memungkinkan pengumpulan dan pengelolaan semua interaksi dengan pelanggan secara otomatis, yang membantu dalam menciptakan hubungan yang lebih personal dan berarti. Dengan fitur-fitur ini, penggunaan alat CRM semakin populer dan banyak developer berlomba-lomba untuk menciptakan solusi CRM yang berkualitas di pasaran.

Apa itu Alat CRM?

Alat CRM adalah perangkat digital yang membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan secara efektif. Alat ini tidak hanya menarik prospek dan mengubah mereka menjadi pelanggan, tetapi juga berfungsi untuk menjaga loyalitas pelanggan yang sudah ada. Menurut sebuah riset, 47% perusahaan yang menerapkan alat CRM berhasil mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan mereka.

Selain itu, sistem CRM menyediakan laporan analisis yang mendetail tentang hubungan pelanggan serta kinerja tim melalui dashboard interaktif. Ini memudahkan Sobat LinkUMKM dalam memantau seluruh aktivitas tim dan interaksi pelanggan secara real-time.

  1. Software CRM Salesforce

Salesforce merupakan salah satu aplikasi CRM Indonesia yang menawarkan kemudahan integrasi dengan aplikasi lain, memiliki fitur seperti manajemen pelanggan, otomatisasi pemasaran, dan analitik yang kuat untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan. Aplikasi ini memiliki platform yang cukup sulit bagi pengguna yang belum berpengalaman. Selain itu, untuk memanfaatkan Salesforce sepenuhnya, dibutuhkan pelatihan yang lebih intensif dan perencanaan yang matang dalam implementasinya.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Salesforce CRM:

  • Sales cloud: Meningkatkan efisiensi penjualan, pendapatan, produktivitas, dan transparansi operasional bisnis.
  • Marketing cloud: Memantau kampanye pemasaran serta peserta yang terlibat secara real-time.
  • Service cloud: Memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk membangun hubungan yang positif.

Kelebihan: Integrasi dengan sistem lainnya, kemampuan analisis data yang kuat

Kekurangan: Biaya yang tinggi, tidak user friendly

  1. Agile

Agile adalah penyedia software CRM yang menyederhanakan proses penjualan, pemasaran, dan layanan Sobat LinkUMKM dalam satu platform. Aplikasi Agile memiliki ayanan SaaS berbasis cloud yang membuatnya bisa di akses melalui mobile, sehingga tim dapat memperbarui data dari mana saja secara real time. Harga Agile CRM: mulai dari $ 14,99 per pengguna/bulan

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Agile: Manajemen Kontak, e-mail Marketing, manajemen proyek, laporan dan analisis

Kelebihan: Otomatiskan penjualan, pemasaran, dan layanan dalam satu platform. Mudah digunakan, akses saluler yang cepat

Kekurangan: UI (tampilan muka) membutuhkan sedikit perubahan untuk pengalaman UI yang lebih baik. Tambahan biaya untuk meningkatkan fungsionalitas fitur, tapi tidak banyak perubahan. Integrasi kerap bermasalah begitu juga sistem otomatisasinya.

  1. Insightly

Insightly cocok untuk melacak tiap tahapan dalam siklus penjualan yang melibatkan pelanggan. Aplikasi ini sangat cocok untuk  bisnis kecil dalam membangun hubungan pelanggan, dan mengelola project sesuai permintaan pelanggan. Selain itu, Insightly juga mampu menyimpan dan merekam data penjualan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan bisnis. Harga berlangganan Insightly mulai dari $ 299 per bulan.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Insightly: Dashboard interaktif, Akses mobile, Lead management, Email automation, workflow automation.

Kelebihan: Kustomisasi laporan penjualan sesuai dengan kebutuhan setiap departemen. Interface interaktif yang mudah digunakan. Dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya.

Kekurangan: Terdapat biaya tambahan untuk mendapatkan support system. Email harus di apply secara manual ke Insightly. Ada beberapa fungsionalitas tools yang kurang intuitif

  1. Pipedrive

Pipedrive merupakan CRM management tools berbayar yang mengelola pelanggan. CRM Pipedrive memberikan laporan penjualan berdasarkan data akurat dan realtime. Terdapat 4 paket harga yang dapat Sobat LinkUMKM pilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Harga Pipedrive mulai dari $12.50/bulan sampai dengan termahal yaitu $99/bulan.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Pipedrive: Manajemen Leads dan Penjualan. Pelacakan Komunikasi. Memiliki sistem otomatisasi. Pelaporan dan wawasan bisnis. Privasi dan keamanan pada aplikasi Mobile Apps.

Kelebihan: Menyoroti dan menindaklanjuti prospek lebih mudah dengan fitur pengingat otomatis. Melacak dan mengevaluasi kemajuan KPI dalam satu dashboard. Memantau seluruh kesepakatan pada sales pipeline. Terintegrasi dengan penyedia layanan pihak ketiga seperti MailChimp, Slack, Gmail, LinkedIn dan lainnya.

Kekurangan: Tidak menyediakan tools marketing dan manajemen bawaan. Terdapat biaya tersembunyi untuk fitur tambahan berbayar. Dirancang untuk bisnis atau organisasi besar dan kompleks. Tidak mendukung pengiriman satu email ke banyak kontak

  1. Freshsales

Freshsales adalah CRM untuk tools yang membantu bisnis mengelola hubungan pelanggan. CRM Freshsales dirancang oleh Freshworks untuk para pelaku bisnis berskala kecil hingga menengah (UMKM dan UKM). Harga Freshdesk mulai dari $ 15 per bulan.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Pipedrive Freshdesk: Ticketin, Collaboration, Automations, Reporting & Analytics, Email tracking, Event tracking, Manajemen sales.

Kelebihan: Mendorong produktivitas dengan menyediakan notifikasi desktop. Memudahkan dalam mengukur penjualan dan kinerja individu. Memiliki banyak pilihan produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan bisnis.

Kekurangan: Aplikasi seluler kurang responsif. Beberapa fitur perlu ditingkatkan seperti reporting & analytics untuk mendapatkan analisis yang lebih mendalam. Integrasi dengan WhatsApp dan Telegram cukup sulit

  1. SugarCRM

SugarCRM adalah contoh CRM tools berbasis open source yang cocok untuk perusahaan besar hingga UKM. Tools SugarCRM sangat mendukung aktivitas bisnis mulai tim pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. Keunggulan SugarCRM adalah memiliki sistem otomasi pemasaran, pembuat kampanye yang sangat intuitif, otomatisasi canggih, dan pelaporan unggul memungkinkan Sobat LinkUMKM memahami keterlibatan, meningkatkan konversi, dan mendorong lebih banyak pendapatan. Harga SugarCRM mulai dari $ 1.000 per pengguna/bulan.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di SugarCRM: Otomatisasi pemasaran, Customer support, Otomatisasi sales force, Laporan analisis penjualan.

Kelebihan: Interface mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Menyediakan pelatihan dan support system yang siap membantu Sobat LinkUMKM. Sobat LinkUMKM bisa menentukan promosi pemasaran dengan mudah

Kekurangan: Sistem otomatis tidak semuanya bisa berjalan baik, beberapa harus dilakukan secara manual. Integrasi dengan saluran lain cukup rumit. Beberapa fungsi fitur pendukung perlu ditingkatkan

  1. Bitrix24

Bitrix24 merupakan tools untuk CRM yang tersedia dalam cloud dan on-premise. Sistem Bitrix24 digunakan untuk tim penjualan dengan semua essential tools untuk automasi alur penjualan berulang. Selain itu, Bitrix juga mampu  melacak biaya marketing dan menghitung ROI secara otomatis. Harga berlanggan Bitrix24 mulai dari $ 30 per pengguna/bulan

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Bitrix24: Task Automation, CRM Document Builder, Expense Tracking, Mobile Tasks, Saluran penjualan, Saluran manajemen, Laporan penjualan, Otomatisasi penjualan, 360-degree untuk penjualan berulang.

Kelebihan: Memiliki tampilan yang mirip seperti tampilan media sosial, sehingga mudah digunakan. Memiliki fitur Gantt chart, pilihan tugas berlapis, pelacakan waktu dan manajemen, dan perencanaan beban kerja karyawan. Mendukung komunikasi secara real-time untuk kelompok, konferensi video, dan instant messenger. Pengguna dapat memanfaatkan email, sms, media sosial dan telemarketing untuk melakukan pemasaran

Kekurangan: Ruang penyimpanan yang terbatas hingga 5GB per bulan untuk versi gratis. Fitur pada paket gratis sangat terbatas. Harga paket berbayar terendah, masih relatif mahal tidak sebanding dengan fungsional fitur yang diberikan

  1. Creatio

Creatio adalah perusahaan yang menyediakan CRM kelas atas untuk pemasaran, penjualan, dan otomatisasi layanan pelanggan. Aplikasi ini mengotomatiskan seluruh perjalanan pelanggan dengan tingkat kebebasan maksimum. Creatio merupakan platform ujung ke ujung untuk mengotomatiskan proses penjualan dan alur kerja layanan pelanggan dengan kompleksitas apa pun. Biaya untuk menggunakan CRM logistic Creatio mulai dari $ 25 per bulan.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Creatio: Activity Dashboard, Analytics/ROI Tracking, Campaign Management, Customer Service Analytics, Customizable Reports, Document Management, Email Marketing.

Kelebihan: Solusi yang sangat intuitif dan fleksibel untuk memastikan akses cepat ke informasi pelanggan. Fitur Analitik dan pelaporan mudahuntuk memantau aktivitas perwakilan penjualan dan menentukan area untuk peningkatan.

Kekurangan: Perlu menyederhanakan untuk fitur pencarian. Kecepatan sistem perlu ditingkatkan, Perlu mengembangkan pelatihan yang lebih jelas untuk pemula.

  1. Copper

Copper menyediakan aplikasi CRM yang membantu bisnis mengelola kontak, penawaran, email, file dan lainnya dari satu panel. Sobat LinkUMKM juga dapat menganalisis metrik penting seperti pendapatan penjualan serta memantau prospek baru. Hampir semua proses penjualan dapat diotomatiskan dengan Copper untuk meningkatkan produktivitas bisnis Sobat LinkUMKM. Biaya untuk berlangganan Copper mulai dari $ 25 per bulan.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Copper: Manajemen sales, Sales funnel, Laporan analisis, Manajemen pipeline.

Kelebihan: Otomatisasi data entry. Integrasi dengan berbagai saluran pendukung dengan mudah. Sistem yang super intuitif dan mudah diterapkan. Dapat disesuaikan dan memungkinkan tim penjualan bekerja lebih efisien dan efektif.

Kekurangan: Kurang ramah pengguna/ user friendly. Otomatisasi alur kerja sangat terbatas. Analisis dan pekerjaannya tidak terlalu kuat, perlu memasukan data manual untuk mendapatkan analisa yang dapat ditindak lanjuti.

  1. Keap

Keap memungkinkan Sobat LinkUMKM mengatur semuanya dalam satu alat, seperti menindaklanjuti prospek secara otomatis, dan memberikan layanan yang memenangkan lebih banyak bisnis. Selain itu, Keap juga menawarkan proses penjualan berulang dan kampanye pemasaran yang akan membuat bisnis Sobat LinkUMKM terus maju. Harga untuk berlangganan Keap mulai dari $ 79 perbulan.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di Keap: Pre-built reminders, Automated emails, Keeps calls and messages separate, Automated follow-up.

Kelebihan: Terintegrasi dengan platform pembayaran seperti PayPal, Stripe, dan lainnya. Solusi otomatis end-to-end automation. Kostumisasi alur penjualan dan marketing. Memiliki fitur untuk memindahkan leads dengan mudah.

Kekurangan: Biaya berlangganan relatif mahal jika dibandingkan dengan fungsionalitas fitur yang dimiliki

Konsistensi dalam menggunakan alat CRM untuk memberikan pelayanan terbaik sangat penting untuk membangun kepercayaan pelanggan dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia. Luangkan waktu untuk mendengarkan saran atau keluhan dari pelanggan mengenai pelayanan atau kualitas produk Sobat LinkUMKM. 

Jangan lupa untuk merayakan hari-hari spesial mereka, seperti ulang tahun, dengan ucapan atau reward. Tindakan ini membuat pelanggan merasa dihargai dan lebih terhubung dengan perusahaan Sobat LinkUMKM. Selain itu, selalu siap untuk memperbaiki kesalahan dan melakukan peningkatan pelayanan agar hubungan dengan pelanggan tetap kuat dan positif.

***

MIN/AHS

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x