4 Langkah Membuat Survei Pelanggan Bisnis

Minggu, 7 April 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi pelanggan sedang membayar produk di kasir. (Kompas.com)

LINK UMKM -  Survei pelanggan sangat penting bagi setiap bisnis karena konsumen semakin bergantung pada ulasan online dan berkonsultasi dengan pelanggan sebelumnya sebelum melakukan pembelian. Hal ini menjadikan kepuasan dan pengalaman pelanggan sebagai faktor penting untuk bisnis. Survei kepuasan pelanggan dapat membantu mengidentifikasi area pertumbuhan, menyoroti apa yang Sobat LinkUMKM lakukan dengan baik, dan membangun hubungan pelanggan yang positif.

Dilansir dari Kompas.com - Meminta, menganalisis, dan menerapkan umpan balik pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong pengembangan proses bisnis, produk, dan layanan baru yang dapat meningkatkan bisnis. Berbagai jenis survei dapat memberikan informasi untuk keputusan bisnis, termasuk survei kepuasan pelanggan, survei riset pasar, dan survei kesadaran merek.

  • Mengidentifikasi Tujuan Survei Pelanggan 

Langkah pertama adalah mengidentifikasi tujuan survei kepuasan pelanggan. Apakah itu tujuan umum atau spesifik? Tujuan umum dapat berkontribusi pada peningkatan bisnis secara keseluruhan, sedangkan tujuan spesifik dapat fokus pada memperbaiki masalah tertentu. Misalnya, Sobat LinkUMKM mungkin ingin mengurangi jumlah pelanggan yang meninggalkan produk di keranjang belanja e-commerce mereka atau meningkatkan jumlah referensi pelanggan. Mendefinisikan tujuan survei memberikan kerangka kerja yang kuat untuk proses selanjutnya.

  • Perancangan Pertanyaan yang Komprehensif

Dalam melakukan survei, pastikan semua pertanyaan yang diperlukan telah dimasukkan. Hal ini akan meningkatkan akurasi survei. Contoh pertanyaan termasuk pertanyaan tentang penggunaan produk dan layanan, pertanyaan demografi, skala kepuasan, pertanyaan terbuka, dan pertanyaan tentang ketahanan produk.

  • Gunakan Platform yang Tepat

Setelah mengidentifikasi tujuan dan menyiapkan pertanyaan, penting untuk menggunakan platform yang sesuai untuk mengumpulkan survei. Pilihlah alat yang ramah pengguna sehingga responden dapat dengan mudah mengisi survei dan memberikan data survei yang mudah dibaca. Google Forms dapat menjadi alat yang membantu untuk tujuan ini, atau dapat menggunakan alat lain yang menyederhanakan proses survei.

  • Ikuti Praktik Terbaik

Sebelum meluncurkan survei, sebaiknya ikuti praktik terbaik. Ini termasuk mengajukan pertanyaan yang mencapai tujuan Sobat LinkUMKM, mengajukan satu pertanyaan dalam satu waktu, menjelaskan manfaat kepada responden, dan mengumpulkan berbagai perspektif selama proses pembuatan survei. Mengikuti praktik ini akan memastikan bahwa survei Sobat LinkUMKM efektif dan akurat.

***

FF/NKS

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x