Rahasia Brand yang Abadi di Era Society 5.0

Selasa, 20 Februari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Rahasia Brand yang Abadi di Era Society 5.0 (Kompas.com)

LINK UMKM - Persaingan bisnis yang semakin ketat di era Industry 4.0 dan Society 5.0 menuntut brand untuk memiliki strategi yang berkelanjutan agar dapat bertahan dan dicintai konsumen. Era Society 5.0 membuka peluang bagi brand untuk membangun hubungan yang lebih mendalam dengan konsumen dan menjadi brand yang dicintai. Hal ini dapat dicapai melalui tiga strategi utama seperti yang dilansir dari Kompas.com berikut:

1. Emotional Branding

Konsumen modern tak hanya mencari produk fungsional, tapi juga merek yang menyentuh hati dan melibatkan mereka secara emosional. Pendekatan emotional branding dalam soft selling menjadi kunci membangun hubungan dan mencapai kesuksesan brand.

Emotional branding bukan hanya tentang menyentuh hati, tapi juga melibatkan konsumen dalam pengembangan brand.  Ketika konsumen merasa dihargai dan memiliki peran penting dalam perjalanan brand, mereka akan lebih loyal dan terikat secara emosional. Loyalitas ini mendorong mereka untuk terus mendukung brand, bahkan ketika ada pesaing baru.

2. Think All Sides the Box®

Think All Sides the Box mendorong pemilik brand untuk melampaui batasan tradisional dan merangkul pemikiran inovatif demi kemajuan berkelanjutan. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada produk atau layanan, tetapi juga pada aspek keberlanjutan dan "togetherness" (kebersamaan).

Keberlanjutan berarti brand bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat. Togetherness menekankan pentingnya melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk konsumen, karyawan, dan mitra bisnis, dalam proses pengambilan keputusan dan pengembangan brand.

3. Branding Nol Rupiah

Keunikan soft selling terletak pada pendekatan "Branding Nol Rupiah", di mana brand yang dicintai konsumen mampu mendapatkan promosi gratis dari pelanggan setianya. Ketika brand berhasil menyentuh hati dan melibatkan konsumen dalam pengembangannya, mereka akan dengan senang hati berbagi cerita positif tentang brand tersebut kepada orang lain.

Era Society 5.0 adalah momen yang tepat bagi Sobat LinkUMKM untuk menemukan esensi bisnis dan membawa brand ke tingkat selanjutnya. Dengan menggunakan emotional branding, think all sides the box, dan branding nol rupiah, Sobat LinkUMKM dapat membangun hubungan yang lebih mendalam dengan konsumen dan menjadi brand yang dicintai dan diingat oleh masyarakat.

***

KOK/NAH

HUSNIAH

21 Februari 2024 | 05:47:18 WIB 8 bulan lalu

Produk rajutan tidak banyak disukai orang karena dinilai mahal hanya orang orang tertentu saja yg menyukai

HUSNIAH

20 Februari 2024 | 20:09:10 WIB 8 bulan lalu

Saya juga sedang proses branding produk rajutan

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x