Sukses di Usia Muda, Dua Mahasiswa Raih Penghargaan Shopee Super Awards 2023
Minggu, 18 Februari 2024 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Industri parfum lokal sedang naik daun! Masyarakat Indonesia kini lebih memilih wewangian lokal untuk menemani aktivitas mereka. Bukan tanpa alasan, parfum lokal menawarkan kualitas terbaik dengan harga yang ramah di kantong.
Kesuksesan ini membuka peluang bagi anak muda untuk berkarya di industri parfum. Contohnya Given Susanto dan William Gomarga, dua mahasiswa asal Jakarta yang sukses membangun brand parfum "Heura" di platform Shopee. Berkat kegigihan mereka, Heura berhasil meraih penghargaan Shopee Super Award 2023 di usia yang terbilang muda, yaitu 21 tahun.
Dilansir dari Kompas.com, Given dan William, pendiri Heura, terinspirasi dari kecintaan mereka terhadap parfum dan keinginan untuk menghadirkan parfum berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Memahami tingginya harga parfum desainer, mereka melakukan riset dan uji coba untuk menemukan aroma yang disukai masyarakat Indonesia. Dengan anggaran terbatas, mereka memasarkan Heura secara online melalui marketplace Shopee.
Given menjelaskan bahwa Heura memilih Shopee sebagai platform penjualan utama karena Shopee mudah digunakan dan aman untuk transaksi online, serta Shopee merupakan platform e-commerce yang paling populer dan terpercaya di Indonesia.
Shopee tak hanya membantu penjualan Heura, tapi juga membangun citra Heura sebagai parfum lokal premium dan eksklusif. Dengan strategi pemasaran yang kuat dan peningkatan kualitas produk, Heura berhasil mencapai penjualan puluhan ribu produk per bulan dan pertumbuhan tahunan 150-200%. Kesuksesan Heura juga membuka lapangan kerja bagi lebih dari 30 orang.
Given tidak menyangka brand yang baru didirikan pada April 2022 itu langsung meraih penghargaan Super Growing UMKM di Shopee Super Awards 2023. Dia dan William, partnernya, merasa terhormat atas penghargaan tersebut. Rahasia kesuksesan Heura, menurut Given, adalah fokus mempelajari target pasar dan mengoptimalkan fitur-fitur di Shopee, seperti iklan, voucher, dan program-program lainnya yang dapat mendongkrak penjualan Heura hingga mencapai titik saat ini.
Artikel di atas adalah bukti bahwa siapapun dapat meraih kesuksesan tanpa terbatas umur. Kunci kesuksesan di antaranya adalah dengan mempelajari hal fundamental seperti menentukan target pasar, serta terus update akan perkembangan teknologi. Semoga artikel ini memotivasi Sobat LinkUMKM, salam UMKM NaikKelas!
***
KOK/NAH