Pahami Repeat Order untuk Membangun Loyalitas Konsumen

Senin, 5 Februari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Repeat Order (Kumparan.com)

LINK UMKM - Repeat order adalah perilaku konsumen yang kembali membeli produk yang sama dari produsen atau penjual yang sama. Perilaku ini sangat penting karena dapat meningkatkan penjualan, keuntungan, dan kepuasan pelanggan.

Dikutip dari buku Perilaku Konsumen oleh Ni Desak Made Santi Diwyarthi, Kepercayaan konsumen adalah keyakinan konsumen terhadap kualitas, manfaat, dan karakteristik lain dalam suatu produk atau layanan. Kepercayaan konsumen dapat terbentuk melalui pengalaman pribadi, rekomendasi dari orang lain, atau informasi yang diperoleh.

Pengusaha melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen, mulai dari meningkatkan kualitas produk hingga menerapkan strategi pemasaran. Berikut beberapa tips dari Kumparan.com untuk Sobat LinkUMKM agar pelanggan melakukan repeat order.

1. Tingkatkan Kualitas Produk

Konsumen akan kembali melakukan repeat order jika produk yang dijual berkualitas. Oleh karena itu, penting untuk memastikan produk yang dijual dalam keadaan baik.

2. Berikan Layanan Prima

Pelayanan yang memuaskan akan menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Banyak konsumen yang berpindah ke merek atau toko lain karena tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, Sobat LinkUMKM perlu menciptakan hubungan yang baik agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

3. Riset Perilaku Konsumen

Sobat LinkUMKM perlu melakukan riset perilaku konsumen untuk memahami apa yang disukai dan dibutuhkan konsumen, sehingga Sobat LinkUMKM dapat membuat inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

4. Berikan Promo dan Diskon

Pelanggan akan tertarik untuk repeat order jika ditawarkan promo menarik. Maka, Sobat LinkUMKM perlu memberikan promo menarik secara berkala, seperti potongan harga, hadiah, atau beli 1 gratis 1

5. Buat Program Loyalitas

Program loyalitas dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan repeat order. Program loyalitas yang paling umum adalah program poin. Program ini memberikan poin kepada pelanggan setiap kali mereka melakukan transaksi. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai benefit, seperti diskon atau produk tertentu.

Nah, Sobat LinkUMKM, yuk terapkan tips-tips di atas agar pelanggan repeat order dan bisnis kamu semakin sukses!

***

FF-NAH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x