Transjakarta Alokasikan 30 Persen Ruang Halte untuk Mendukung UMKM dan Ekonomi Jakarta

Senin, 29 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Suasana keramaian di Halte Transjakarta Ragunan saat libur kedua lebaran, Minggu, 23 April 2023. (Tempo.co)

LINK UMKM -  PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah mengalokasikan 30 persen dari ruang di beberapa halte mereka, untuk mendukung gerai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Fadly Hasan, Direktur Pelayanan dan Bisnis TransJakarta, menyatakan bahwa langkah ini dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta.

Dilansir dari Tempo.co - Fadly Hasan menjelaskan, "UMKM di halte Transjakarta mencapai sekitar 20-30 persen, melibatkan baik UMKM maupun non-UMKM. Semua ini merupakan bagian dari upaya mendukung perekonomian melalui sektor UMKM," ungkapnya saat ditemui di Jakarta, 22 Januari 2024.

Transjakarta juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga yang terlibat dalam UMKM. Divisi Komersial Transjakarta memberikan peluang kepada pelaku UMKM yang berminat untuk membuka usaha di halte bus milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI.

Fadly menambahkan, "Kami akan melayani jika ada minat untuk mengisi ruang di halte. Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati fasilitas yang tersedia di halte-halte Transjakarta."

Saat ini, Transjakarta berusaha memberikan layanan bisnis dan mengoptimalkan aset melalui berbagai kegiatan, termasuk optimalisasi tata ruang publik untuk memberdayakan masyarakat dalam berbagai ekonomi, gaya hidup, dan pariwisata. Contohnya Halte CSW, Bundaran HI, dan Dukuh Atas, yang sudah memiliki banyak gerai UMKM yang dapat dinikmati oleh pengguna Transjakarta sambil menunggu kedatangan bus. Gerai ritel di halte-halte tersebut mencakup skala nasional hingga internasional, dari minimarket hingga UMKM, dan bisnis lainnya.

Fadly menyatakan bahwa Transjakarta bertujuan memanfaatkan semua asetnya agar terhubung langsung dengan masyarakat Jakarta. Dia memberikan contoh seperti mengadakan konser kecil di halte, menyelenggarakan fashion show batik lokal, meluncurkan produk, atau kegiatan komunitas. Untuk tahun 2024, Transjakarta berharap dapat terus meningkatkan layanan dan fasilitas di setiap halte demi kenyamanan dan keamanan pengguna. 

Bagaimana, Sobat LinkUMKM? Tertarik memperluas promosi di halte Transjakarta?

***

KOK/NKS

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x