Tips Membuat Ulasan Kosmetik yang Akurat dari BPOM dan Ahli Kecantikan
Selasa, 23 Januari 2024 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Bagi Sobat Link UMKM yang berbisnis di bidang kosmetik, ulasan produk merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen karena konsumen dapat mengetahui secara jelas manfaat dan kekurangan produk sebelum memutuskan untuk membelinya.
Dikutip dari Tempo.co, BPOM mengadakan acara edukasi terkait kosmetik yang aman bersama para pelaku industri kecantikan. Acara ini bertujuan untuk memberikan panduan dan cara mengulas produk kosmetik secara objektif. Berikut tips yang bisa dilakukan saat membuat konten kecantikan ulasan produk di media sosial:
1. Cari Tahu Legalitas Produk
Pastikan produk tersebut telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) khusus kosmetik. Produk kosmetik yang terdaftar di BPOM telah melalui proses pengujian dan dinyatakan aman untuk digunakan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa produk yang diulas adalah produk yang legal dan aman untuk digunakan.
2. Cari Tahu Fungsi Produk
Menurut dr. Yessica Tania, dermatolog dan influencer, penting untuk memahami fungsi produk sebelum mengulasnya. Setelah memahami fungsi produk, cari tahu lebih lanjut apakah terdapat bahan-bahan yang dapat mendukung fungsinya.
3. Periksa Klaim Produk
Klaim produk kosmetik harus sesuai dengan fungsi produk. Klaim yang tidak sesuai dengan fungsi produk dapat menyesatkan konsumen. Misalnya, produk kosmetik untuk perawatan kulit tidak boleh diklaim dapat menyembuhkan jerawat layaknya obat. Hal ini karena kosmetik hanya berfungsi untuk merawat kulit, bukan untuk menyembuhkan penyakit.
4. Harus Objektif
Ulasan produk kosmetik harus disampaikan secara objektif, tanpa melebih-lebihkan atau membuat klaim yang tidak sesuai dengan kenyataan. Hal ini penting untuk menjaga keakuratan produk dan melindungi konsumen dari informasi yang menyesatkan.
5. Kaitkan Hasil Pemakaian Produk dengan Klaim
Ulas produk tersebut dengan menghubungkannya dengan klaim produk dan pengetahuan yang Sobat LinkUMKM miliki. Pastikan untuk membuat konten yang jujur dan apa adanya. Jika Anda kurang yakin dengan klaim produk, ajaklah pihak brand untuk berkomunikasi dan berdiskusi untuk mencegah informasi yang menyesatkan bagi konsumen lainnya.
Sobat LinkUMKM dapat menyampaikan tips di atas kepada content creator yang ingin diajak berkerja sama agar tidak ada informasi yang salah maupun keliru.
***
KOK/NAH