Ini Alasan Mobil Cina Makin Diminati di Indonesia

Kamis, 11 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Mobil Cina (tempo.co)

LINK UMKM - Studi "The Road to Southeast Asia" oleh Vero dan WeBridge menunjukkan alasan konsumen Indonesia tertarik pada mobil Cina. 40% percakapan online tentang merek Cina di Indonesia berfokus pada harga yang kompetitif, sementara 29% menyoroti teknologi dan inovasi, terutama di bidang elektronik dan kendaraan.

Konsumen di Indonesia juga tertarik dengan fungsi dan desain dari produk Cina serta ketersediaannya baik online maupun di toko offline. Minat terhadap kendaraan listrik juga meningkat, ditunjukkan dari penelusuran online yang berkaitan dengan penghematan energi, mobil listrik, dan hemat energi.

Dilansir dari Tempo.co, Vero dan WeBridge menemukan bahwa 33% konsumen di Indonesia memilih mobil berdasarkan gaya hidup. Sementara itu, 28% mempertimbangkan efisiensi berkendara, dan 15% memperhatikan mobilitas dan kenyamanan. Quang Do, Vice President IMC Consulting Vero, menyarankan merek Cina untuk fokus pada solusi dari kendala konsumen, seperti infrastruktur pengisian baterai dan sistem penukaran baterai.

Konsumen Indonesia merasa biaya operasional mobil yang cukup mahal dan infrastruktur yang belum memadai sebagai hambatan utama untuk membeli mobil. Selain itu, 17% dari mereka menganggap kemacetan sebagai kendala utama dalam memiliki kendaraan pribadi.

Dzikri Sabillah Anwar, Senior PR Executive dari Vero, mengatakan bahwa merek Cina perlu memperluas cakupan mereka dengan berkolaborasi bersama influencer, media, dan pemimpin industri di Indonesia. Menurutnya, ini dapat memperkuat hubungan dan kepercayaan konsumen. Dzikri menambahkan, merek mobil Cina bisa memperluas jangkauan dengan menghadiri pameran besar atau mengadakan event yang memungkinkan pengunjung untuk mencoba kendaraan dan berbincang langsung dengan tim dari merek tersebut.

Pada tahun 2017, merek mobil dari Cina mulai merambah ke pasar Indonesia. Wuling menjadi pionir dalam memperkenalkan produknya di Indonesia, diikuti oleh DFSK. Saat ini, beberapa merek lain dari Cina seperti Chery, Neta, dan Ora juga telah hadir di Indonesia. BYD (Build Your Dreams), salah satu produsen mobil terbesar dari Cina, direncanakan akan memulai operasinya di Indonesia pada paruh pertama tahun ini.

***

FF/NAH

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x