4 Langkah Sukses Menetapkan dan Mencapai Target KPI Laba Usaha

Rabu, 17 Januari 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi Laba Usaha (Kompas.com)

LINK UMKM - Dilansir dari Kompas.com, Bisnis merupakan serangkaian usaha yang dilakukan individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan (laba). Setiap Perusahaan maupun bisnis pasti memiliki Target KPI (Key Performance Indicators) dalam laba tersendiri sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Perusahaan maupun bisnis masing-masing. Ketika KPI tersebut tercapai hal ini dapat menjadi kekuatan untuk perbaikan performa pada bisnis. Oleh karena itu, Berikut empat Langkah menarik yang bisa dicoba bagi Sobat LinkUMKM untuk menetapkan dan mencapai target laba usaha:

1. Menentukan target laba bersih

Menentukan target laba dengan cara dapat dimulai dengan menetapkan target laba bersih, yakni keuntungan usaha yang didapatkan setelah dikurangi biaya-biaya, seperti biaya produksi, biaya operasional, biaya karyawan hingga pajak penghasilan yang harus dibayarkan.

2. Menghitung jumlah target laba kotor

Dalam membuat proyeksi pengeluaran, penting untuk mengendalikan biaya secara ketat, tetapi akan ada kalanya kita perlu meningkatkan pengeluaran dalam pemasaran untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan membantu mencapai target laba.

3. Menyiapkan perkiraan target penjualan

Target margin kotor akan menentukan tingkat penjualan yang harus kita capai. Perkiraan penjualan dihitung dengan membagi laba kotor dengan persentase margin kotor yang ingin diperoleh untuk usaha. Untuk perkiraan penjualan, kita dapat melakukan survei pasar, termasuk pada pelanggan, untuk melihat antusiasme mereka menanti produk-produk yang diperjualkan. Pada tahap ini, akan menemukan, apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Bisa jadi, perlu mengeluarkan uang untuk melakukan pemasaran digital sesuai dengan era globalisasi, untuk memperluas relasi jangkauan pasar.

4. Menentukan harga pokok penjualan

Tentukan harga pokok penjualan dengan cara target penjualan dikurangi jumlah laba kotor sehingga akan menentukan perkiraan harga pokok penjualan. Lakukanlah perbandingan target ini dengan tahun-tahun sebelumnya dan lakukan penyesuaian.

***

FF/SKA

Komentar

Media Lainnya

Hi!👋
Linda (Link UMKM Digital Assistant)
Chat via WhatsApp disini !

x