UMKM EXPO RT BRILIANPRENEUR 2023 Globalisasi Produk Wellness Aromatic Lokal
Kamis, 4 Januari 2024 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Pameran UMKM Expo "BRILIANPRENEUR 2023" BRI menjadi sarana bagi pelaku usaha untuk memperluas cakupan produknya secara global. Rumah Atsiri Indonesia, salah satu produsen aromatic wellness dari Papua, memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan produknya yang berasal dari Tanah Air ke pasar internasional.
Dilansir dari Kumpran.com - Manajer Akun Ritel Rumah Atsiri Indonesia, Novita Tyandini, menyatakan bahwa melalui BRILIANPRENEUR, Atsiri berhasil memperluas pemahaman masyarakat tentang produk aromatic wellness yang dihasilkan. Produk tersebut terdiri dari 62 jenis essential oil, fokus pada body fragrance dan room fragrance. Novita menekankan bahwa melalui proses kurasi dan coaching dari BRI, Atsiri menyadari potensi produknya yang layak untuk diekspor.
Novita berharap agar kegiatan seperti BRILIANPRENEUR dapat dilaksanakan lebih sering agar masyarakat dapat lebih mengenal produk seperti Atsiri. Produk aromatic wellness perlu diperkenalkan secara langsung agar konsumen dapat merasakan langsung pengalaman dari produk tersebut. Saat ini, produk Atsiri dijual secara offline di Tawangmangu dan Sarinah, Jakarta, serta secara online melalui berbagai platform e-commerce. Produksi Atsiri mencapai 1-2 ton per pekan, melibatkan hingga 180 pekerja lokal.
Rumah Atsiri Indonesia, yang dihidupkan kembali pada tahun 2018, tidak hanya memproduksi minyak esensial, tetapi juga berfungsi sebagai destinasi wisata edukasi. Tempat ini memiliki restoran, taman, museum, dan fasilitas glamping. Dengan omzet bulanan mencapai Rp500 juta-Rp800 juta, Novita berharap melalui BRILIANPRENEUR, Rumah Atsiri Indonesia dapat memperkenalkan produknya lebih luas, bahkan mencapai pasar ekspor, untuk mewujudkan impian Presiden Sukarno dalam era modern dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
***
FF/NKS