Strategi Sukses Bisnis Mainan Edukasi Anak dari Founder Celukba
Selasa, 26 Desember 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Banyak orang tua pada saat ini menghadapi kesibukan dengan pekerjaan mereka, sehingga seringkali kurang memperhatikan anak-anak mereka. Dalam konteks ini, muncul peluang bagi para pengusaha untuk mengembangkan produk mainan edukatif anak yang tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan anak, tetapi juga memperkuat hubungan antara anak dan orang tua. Oleh karena itu, banyak pengusaha yang telah menciptakan produk mainan edukatif anak, termasuk Cefi Heriansyah yang memulai produknya, Celukba, sejak tahun 2020.
“Saya jalankan usaha ini berangkat dari keresahan saya terhadap anak yang kecanduan gadget. Saya membuat Celengan Lukis dibantu oleh 5 anak muda yang mampu memproduksi 1.000 pcs dalam sebulan,” tutur Cefi saat pameran Brilianpreneur 2023 di JCC. Cefi menyatakan bahwa dia tidak terlalu khawatir dengan semakin banyaknya pesaing di bisnis mainan edukatif anak.
Bagaimana strategi Cefi dalam menghadapi persaingan di industri ini? Berikut adalah empat tips ala Cefi yang dikutip dari Kompas.com.
1. Produk Harus Punya Value
Dalam mengatasi persaingan, Cefi menekankan bahwa setiap pengusaha tidak hanya fokus pada penciptaan produk semata untuk mencari keuntungan.
“Kalau ingin bertahan dari gempuran persaingan yaitu dengan menciptakan value pada produk yang kita buat. Kalau orang sudah mengenal value produk kita maka persaingan bukan lagi jadi
2. Lakukan Inovasi
Cefi menekankan pentingnya menciptakan perbedaan yang signifikan antara dirinya dan pesaingnya. Hal ini dapat dicapai melalui inovasi produk yang dikembangkan.
3. Merambah ke Konsep B2B
Untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan atau menerapkan konsep business to business (B2B).
“Saat ini kita mencoba untuk datang ke berbagai macam corporate untuk kerja sama produk souvenir atau produk lainnya,” kata Cefi.
4. Ikut Pameran
Strategi terakhir melibatkan partisipasi dalam berbagai kegiatan pameran, baik dalam skala nasional maupun internasional. Selain itu, Anda dapat menjalankan business matching untuk menemukan mitra potensial seperti pembeli atau investor.
Cefi menjelaskan bahwa ia sebelumnya pernah mengikuti business matching dan saat ini sedang fokus mengembangkan penjualan di tingkat nasional sebelum memperluas ke pasar global.
***
LMP/NAH