Strategi Manajemen Waktu untuk Meningkatkan Produktivitas
Minggu, 24 Desember 2023 | 08:00 WIB
LINK UMKM - Manajemen waktu memiliki peran yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan sedikit perubahan, kemampuan mengelola waktu dengan baik dapat membuka peluang untuk membentuk pola hidup yang efisien dan produktif. Dalam praktiknya, keterampilan ini melibatkan skala prioritas, perencanaan tugas, dan pengelolaan waktu dengan efisien.
Melansir Kompas.com, berikut adalah lima tips manajemen waktu yang dapat diadopsi dalam rutinitas sehari-hari.
1. Menuliskan Daftar Tugas Setiap Hari
Merinci daftar tugas sehari-hari dapat menjadi panduan efektif untuk mengelola aktivitas kita. Persiapkan catatan yang mencakup jadwal, tugas, lokasi, dan waktu. Langkah selanjutnya adalah menuliskan tugas-tugas kita dengan tujuan menentukan fokus dan menetapkan skala prioritas untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan penyelesaian lebih awal.
2. Mengurangi Gangguan
Ketika sedang berkonsentrasi pada suatu tugas, pastikan untuk menyelesaikannya dengan efektif dengan mengurangi segala gangguan yang muncul seperti menonaktifkan notifikasi email, chat, atau panggilan di ponsel.
3. Teknik Podomoro
Teknik Pomodoro melibatkan penjadwalan interval kerja selama 25 menit yang diikuti oleh istirahat selama 5 menit. Pendekatan ini memungkinkan penyelesaian tugas-tugas singkat dengan fokus yang intens, sambil menyisipkan waktu istirahat untuk menyegarkan pikiran agar tidak mudah lelah.
4. Berani untuk Mengatakan Tidak
Menerapkan cara ini mungkin memerlukan keberanian diri. Kita dapat mengembangkan kemampuan untuk menolak permintaan dengan sopan, terutama jika permintaan tersebut tidak sesuai dengan skala prioritas kita.
5. Memprioritaskan Waktu Tertentu
Membagi waktu dengan disiplin dapat menjadi kunci untuk meningkatkan fokus saat mengerjakan suatu tugas. Pendekatan ini membantu kita menciptakan kerangka kerja yang terstruktur, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu bekerja.
***
LMP/NAH